AdvertorialDPRD Kutim

Abdi Firdaus Minta Pemkab Tambah Anggaran untuk Dinas Pemadam Kebakaran

Bujurnews, Kutai Timur – Ancaman kebakaran di Kutai Timur (Kutim) menjadi sorotan anggota DPRD Kutim, Abdi Firdaus. Ia mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim untuk meningkatkan anggaran dan personel Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk memaksimalkan upaya pencegahan dan penanganan musibah ini.

Dalam rapat Paripurna ke-25 yang digelar di Ruang Sidang Utama DPRD Kutim pada Rabu (15/05/2024), Abdi juga mengusulkan agar setiap desa dilengkapi dengan pompa manual sebagai langkah antisipasi terhadap kebakaran.

“Contohnya kebakaran di Bengalon kemarin, bahkan memakan korban jiwa satu orang. Ketika terjadi kebakaran, pemadam harus bolak-balik untuk mengisi suplai airnya, untung ada perusahaan tambang yang membantu,” ucap Abdi.

Akses jalan yang sulit menjadi salah satu kendala utama tim Damkar dalam mencapai lokasi kebakaran. Hal ini, menurut Abdi, perlu diatasi dengan penambahan personel Damkar, khususnya di desa-desa.

“Sudah banyak kebakaran rumah dan lahan yang terjadi di pertengahan tahun 2024 ini. Dengan menambah personil ini, kita berharap bisa meminimalisir kebakaran yang akan terjadi ke depannya,” tambahnya.

Selain penambahan personel, Abdi juga mengusulkan penyediaan pompa manual di setiap desa sebagai solusi antisipasi dini. Ia meyakini bahwa langkah-langkah ini, beserta penambahan anggaran, dapat membantu mencegah dan meminimalisir kebakaran, serta mengurangi polusi asap yang ditimbulkannya.(adv/adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button