HeadlineKota

LDII Kaltim Tanam 1.000 Mangrove di Dermaga Kenyamukan Sangatta

Bujurnews.com, Sangatta – DPW LDII Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar penanaman pohon mangrove massal di Dermaga Kenyamukan Sangatta, Minggu (12/12/2021) pagi. Yakni, untuk mendukung Keputusan Presiden 24/2008, bulan menanam pohon pada Desember.

Disupport PT Kaltim Prima Coal (KPC), penanaman pohon dilakukan bersama DPW LDII Kaltim, melibatkan sembilan DPD LDII kabupaten/kota se-Kaltim, serta Senkom Mitra Polri, dan Persinas ASAD. DPD LDII Kutim menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tersebut, dengan support kepanitiaan.

Ketua DPW LDII Kaltim, Prof Dr Ir H Krishna Purnawan Candra MS mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk perwujudan terhadap instruksi DPP LDII untuk mendukung bulan menanam pohon pada Desember, yang tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008.

“DPW LDII Kaltim melaksanakan instruksi DPP LDII untuk melaksanakan delapan pilar LDII, dengan menangani klimaks change atau perubahan iklim, dengan melakukan penanaman 1.000 pohon bakau di Pelabuhan Kenyamukan Sangatta, Kutai Timur. Mudah-mudahan bisa bermanfaat luas, banyak kepiting datang, dan bisa menjadi objek wisata,” ucap Candra.

Koordinator Penanaman Mangrove DPD LDII Kutim, H Siswahyudi menjelaskan, kegiatan ini dilakukan di Dermaga Kenyamukan dengan menanamkan 1.000 bibit yang disupport oleh KPC.

“Dengan adanya mangrove, kami mengharapkan semua pihak yang hadir hari ini terlibat untuk memelihara lingkungan dengan mencegah abrasi atau pengikisan pantai,” ungkap Siswahyudi.

Ketua DPD LDII Kutim Damuri SP MSi mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya penanaman pohon mangrove di Dermaga Kenyamukan menjadi kontribusi LDII untuk penghijauan dan pelestarian lingkungan.

“LDII memiliki delapan bidang pengabdian untuk negeri, salah satunya berkaitan dengan pelestarian lingkungan. Makanya DPD LDII Kutim sangat bersyukur bisa melaksanakan penanaman mangrove hari ini, sehingga bisa merealisasikan kontribusi LDII untuk bangsa Indonesia,” ucap Damuri.

Turut hadir, GM HSES KPC Kris Pranoto, Supt Conservation dan Agribisnis KPC Sugeng Wiyatno, Camat Sangatta Utara Hasdiah, Paspotmar Lanal Sangatta Kapten Laut (T) Didi, Danpos Kenyamukan Pelda Nur Rofiq, KBO Satbinmas Polres Kutim Iptu Suparmin, Perwakilan Polairut Polda Kaltim Bripka Acep Gunarto, dan Perwakilan Kodim 0909/KTM Letda Bagus. Juga hadir perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kaltim, perwakilan KUA, Ketua RT 34 Sangatta Utara Mahdin, dan Kepala Dusun 8 Singa Muda Kenyamukan Sangatta Utara Khoirul Arifin. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button