HeadlineKota

Rencana Pelantikan PBNU di Kaltim, Ini Dua Kota yang Menjadi Opsi

Bujurnews.com, Samarinda – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf yang terpilih pada Muktamar ke-34 di Lampung baru saja mengumumkan susunan kepengurusan untuk periode 2022-2027. Agenda berikutnya adalah menyiapkan pelantikan yang rencananya dilaksanakan di Kalimantan Timur, yang notabene lokasi ditetapkannya Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Ada dua opsi lokasi pelantikan. Yakni Samarinda atau Balikpapan. Tim utusan PBNU sedang menjajaki dua kota ini.

Koordinator Tim utusan dari PBNU, Qohari di sela-sela pertemuan dengan jajaran PCNU Kota Balikapapan, Selasa 11 Januari 2022 di Graha NU Kota Balikpapan mengatakan, meskipun ada beberapa opsi tempat yang dianggap representatif untuk dilaksanakannya pelantikan PBNU, tetap hasil akhirnya akan diputuskan oleh Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Choli Staquf bersama Rais Aam K.H. Miftahul Achyar.

“Antara Samarinda dan Balikpapan tentu memiliki keunggulannya masing-masing untuk kesiapan pelaksanaan pelantikan PBNU hasil Muktamar Lampung. Namun keputusan akhirnya setelah kami dari tim utusan PBNU melakukan survei, akan diputuskan oleh Ketum dan Rais Aam tentunya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Balikpapan K.H. Muhlasin menyatakan rasa bangganya jika pelantikan PBNU hasil Muktamar ke-34 di Lampung akan dilaksanakan di Balikpapan. Menurutnya, Kota Balikpapan sangat representatif untuk kegiatan pelantikan PBNU mengingat Balikpapan memiliki banyak tempat yang cocok dijadikan lokasi pelantikan. Salah satunya ada Dome yang kerap dijadikan even berskala nasional.

Tim Utusan dari PBNU sendiri diantaranya Qohari (Koordinator Tim), Wulan, Fahmi (Direktur TVNU) serta Harianto Oghie (Sekretaris LP Maarif PBNU) sebelum bertolak ke Balikpapan menyempatkan menyambangi lokasi titik Nol di IKN Penajam Paser Utara. Namun pagi harinya Tim Utusan PBNU didampingi Wakil Ketua PWNU Kaltim, Syaparudin dan Sekretaris Wilayah, Abubakar Madani serta Ketua GP Ansor Kaltim, Fajri Al Farobi telah bertemu dengan Gubernur Kaltim Isran Noor membahas persiapan agenda nasional ini.

Fajri Al Farobi kepada media ini mengungkapkan jika Gubernur Kaltim Isran Noor sangat senang dengan rencana pelantikan PBNU akan digelar di Kalimantan Timur. Bahkan Isran menyatakan kesanggupannya untuk membantu pelaksanaan kegiatan yang akan menghadirkan ratusan kyai dan ribuan pengurus NU tersebut agar berjalan lancar dan sukses. “Pak Isran sangat mengapresiasi rencana pelantikan PBNU yang akan di laksanakan di Kaltim. Bahkan beliau tadi berkomitmen siap membantu kegiatan agar lancar dan sukses,” sebutnya. (nukaltim)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button