AdvertorialPemprov Kaltim

LANJUTKAN BELAJAR RPPEG KE KABUPATEN PELALAWAN

RIAU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kaltim menggagas adanya perencanaan perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut melalui Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut (RPPEG). Untuk itu, di hari kedua setelah berkunjung ke Pemprov Riau, Tim Penyusunan Dokumen RPPEG Kaltim lanjut berkunjung ke Kabupaten Pelalawan yang diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Pelalawan Tengku Mukhlis dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan Eko Novitra, di Kantor Bupati Pelalawan, Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau, Senin, 17 Oktober 2022.

Pj Sekda Provinsi Kaltim H Riza Indra Riadi didampingi Kepala DLH Kaltim EA Rafiddin Rizal mengatakan, ketika berkunjung ke Pelalawan, pembelajaran yang patut diterima  dan menjadi motivasi oleh Pemprov Kaltim, yaitu disusunnya dokumen RPPEG di Kabupaten Pelalawan ini dilatarbelakangi oleh 60% dari luas Kabupaten Pelalawan yang mencapai 1,4 juta hektar merupakan lahan gambut.

Kemudian, lanjut Riza, 50% lahan gambut tersebut terdiri dari kubah gambut, sehingga dianggap perlu untuk melakukan perlindungan dan pengelolaan terhadap ekosistem gambut tersebut.

“Artinya, kami mengambil kesimpulan bahwa ada lahan gambut di setiap daerah, maka wajib dilindungi. Caranya, salah satunya adalah dengan penyusunan dokumen Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut atau RPPEG,” ucap Riza.

Menurut Riza, Kabupaten Pelalawan ini merupakan salah satu kabupaten yang telah melaksanakan penyusunan RPPEG yang ditetapkan oleh Surat Keputusan Kepala Daerah.

“Kabupaten Pelalawan merupakan kabupaten terdepan yang berhasil menyusun RPPEG dan ini merupakan kesempatan sangat bagus untuk kabupaten di Provinsi Kaltim dapat menimba ilmu di sini,” pesan Riza.

Selanjutnya, sebagai pendukung informasi, diharapkan komunikasi secara berkesinambungan baik dengan Provinsi Riau maupun Kabupaten Pelalawan ini terutama dalam rangka penyusunan dokumen RPPEG Provinsi Kaltim ini tetap dilanjutkan. (rz/adv/kominfokaltim)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button