KutimTNI

Pangdam VI Mulawarman Beri Arahan Prajurit dan PNS Kodim 0909/Kutai Timur, Paparkan tentang Potensi di IKN

Bujurnews, Sangatta – Kodam VI/Mlw adalah Kodam yang besar, terdiri dari Kaltim, Kalsel, dan Kaltara. Tetapi Kaltim adalah yang terbaik dikarenakan akan adanya ibu kota negara (IKN), serta Kaltim dikelilingi oleh jalur laut dan jalur darat.

Hal itu sebagaimana yang diungkapkan Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo saat memberikan arahan kepada Prajurit TNI dan PNS serta Persit Kodim 0909/KTM.

Dirinya menggarisbawahi, Kaltim juga memiliki potensi ancaman apabila lengah dan terlena dengan segala kelebihan yang ada.

“Akan tetapi, ini bisa menjadi bahaya apabila tidak diawasi secara seksama. Alur laut akan dilintasi melalui IKN,” jelas Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Lebih lanjut dijelaskan, banyak negara luar yang menginginkan situasi di Indonesia, termasuk wilayah IKN, supaya bergejolak agar tidak terjadinya kondusifitas wilayah. Dengan adanya IKN maka akan tercipta keuntungan di bidang ekonomi dan kemungkinan akan jadi negara nomor empat di dunia dalam bidang perkembangan ekonomi.

Selanjutnya dijelaskan bahwa satuan kewilayahan untuk lakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak setempat dalam pelaksanaan tugas teritorial. Serta hindari dan jauhi pelanggaran, seperti laka lalin, KDRT, kasus penganiyaan terhadap prajurit, asusila, penggelapan uang satuan, dan lain-lain yang bersifat merugikan satuan perorangan maupun negara.

Kemudian Pangdam VI Mulawarman menegaskan bahwa kegiatan satuan teritorial harus dilakukan bersama stakeholder setempat.

“Berupa penanganan bencana dengan pola SOP berdasarkan kesepakatan bersama. “Untuk menyinergikan seluruh elemen yang ada di kabupaten,” ujarnya.

Pangdam juga kembali mengingatkan, bahwa ketahanan pangan merupakan program yang tetap harus dilaksanakan, karena itu sangat penting untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan stunting (kekurangan gizi yang sangat kronis sehingga mengganggu perkembangan anak). Sanitasi di keluarga bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya.

“Soliditas harus terjaga dan kompak antara sesama. Laksanakan perintah dan tugas pimpinan yang sekarang menjabat,” ujar Pangdam VI/Mlw Mayjend TNI Tri Budi Utomo.

Dalam pengarahan tersebut Pangdam VI/Mlw dan ibu berkesempatan menorehkan pesan dan kesan kepada Prajurit Kodim 0909/KTM dan Persit Cabang LVI Kodim 0909/KTM.

Turut hadir mendampingi Pangdam VI/Mlw antara lain Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi, SH, MH, Aspers Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Iwan Setiawan, SIP, Aslog Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Tumito Susanto, SIP, Kasmin Kodam VI/Mlw Mayor Inf Dipa Dupira, Dandim 0909/KTM Letkol CZI Heru Aprianto bersama perwira staf dan para Danramil se-jajaran Kodim 0909/KTM. (*/sugi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button