TNI

Personil Kodim 0909/Kutai Timur Terkhusus Koramil 0909-02 Sangkulirang Terus Bersinergi Lakukan Pengamanan Pawai Ogoh Ogoh Dalam Rangka Menyambut Hari Raya Nyepi.

Bujurnews – Kaubun , Koramil 0909-02 Sangkulirang berperan aktif dalam melakukan pembinaan keamanan dan ketertiban serta kelancaran kegiatan masyarakat dalam rangka pawai ogoh-ogoh menyambut Hari Raya Nyepi bersinergi dengan pihak pihak terkait ujar Danramil 0909-02 Sangkulirang Kapten Arh M. Jabal saat memantau pawai ogoh-ogoh yang di gelar Persatuan Hindu Dharma Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur.

Lebih lanjut Danramil Sangkulirang menjelaskan bahwa menjelang perayaan Tahun Baru Saka tersebut, masyarakat Hindu di berbagai daerah akan melakukan tradisi pawai atau arak-arakan ogoh-ogoh termasuk di Kecamatan Kaubun.

Ogoh-ogoh merupakan boneka raksasa yang diarak keliling desa pawai ini biasanya dilakukan pada malam menjelang Hari Raya Nyepi, yakni saat ngerupukan atau upacara pembersihan ,
arak-arakan tersebut diiringi gamelan Bali yang disebut Bleganjur , usai diarak, ogoh-ogoh kemudian dibakar jelas Kapten Arh M Jabal di sela sela pawai.

Lebih lanjut Danramil menegaskan mengatakan bahwa pengamanan ini dilakukan sebagai upaya kami dalam menjaga dan mengamankan jalannya pawai ogoh-ogoh yang mana banyak dari masyarakat yang menyaksikan pawai ini yang juga sebagai sarana hiburan bagi warga sekitar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button