AdvertorialKukar

Komitmen SKB Muara Jawa Bantu Pemerintah Atasi Malasah Buta Aksara

Foto : Kegiatan internal di SKB Muara Jawa. (Istimewa)

Bujurnews, KUTAI KARTANEGARA – Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Muara Jawa yang turut mendukung upaya pemerintah dalam pengentasan buta aksara di Kukar.

“Kami turut berkomitmen membantu pemerintah dalam penuntasan buta aksara di Kukar,” kata Kepala SKB Muara Jawa Abdul Gafar.

SKB Muara Jawa saat ini memiliki 12 tutor yang terus melakukan upaya bersama dalam mengatasi masalah keaksaraan dan ketertinggalan masyarakat, khususnya yang belum bisa baca, tulis, menghitung (Calistung)

“Keaksaraan ini merupakan bagian penting dalam mengatasi kemiskinan dan ketertinggalan,” ujarnya.

Diakuinya, tantangan dalam mengatasi keaksaraan cukup berat, kendati demikian harus terus diselesaikan, sehingga masyarakat yang masuk dalam kategori buta aksara mendapatkan pendidikan melalui para tutor yang sudah disiapkan.

Gofar menambahkan di Muara Jawa terdapat 10 Kelompok Keaksaraan Dasar (KKD) yakni tiga kelompok di Kelurahan Muara Kembang, Tama Pole, Dondang, Muara Jawa Ulu, Muara Jawa Pesisir, Muara Jawa Tengah, Teluk Dalam dan Muara Jawa Ilir masing-masing satu kelompok. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button