AdvertorialKukar

Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Dengan Kemendagri, Pemkab Kukar Sudah Lakukan Antisipasi Lonjakan Harga

Foto : Sekretaris Daerah Kukar Sunggono saat mengikuti arahan koordinasi dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian melalui Zoom Meeting. (Prokom Kukar)

Bujurnews, KUTAI KARTANEGARA – Sekretaris Daerah Kukar Sunggono mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian melalui Zoom Meeting, Senin (17/4/2023).

Sunggono mengatakan, perlu waspada terhadap kenaikan harga beberapa komoditas yang mungkin terdampak tingginya permintaan menjelang hari raya Idul Fitri, meskipun inflasi di bulan Ramadhan tahun ini relatif lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

Upaya yang dilakukan untuk penanganan inflasi daerah adalah dengan melaksanakan operasi pasar murah, mengecek kecukupan suplai pangan daerah masing masing serta melakukan intervensi jika terjadi kenaikan komoditas tertentu.

Rakor ini juga dalam rangka meningkatkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat menghadapi lebaran.

Kemendagri akan menerbitkan surat edaran kepada Gubernur dan Bupati / Walikota yang mengatur tentang dukungan kelancaran arus mudik dan balik lebaran terutama posko Pemda gabung dengan posko Forkopimda.

Kesiapsiagaan Pemadam Kebakaran dan Satpol PP serta Dinas Kebersihan, Pengaturan dan kesiagaan untuk tempat wisata, Pengaturan pasar tumpah agar tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas Pengamanan lingkungan terutama menjaga rumah kosong yang ditinggal mudik.

Sunggono menambahkan selalu siaga dalam mengantisipasi bencana alam dan non alam termasuk mengecek angkutan laut harus meyediakan pelampung untuk penumpang dan lain sebaginya.

“Mudah – mudahan seluruh rangkaian kegiatan arus mudik lebaran dapat berjalan lancar tanpa hambatan sesuatu. tandasnya. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button