AdvertorialPemkab Kutim

Dinsos Kutim Berikan Bantuan Korban Kebakaran di Telen dan Jompo Miskin di Kutim

Bujurnews, Kutai Timur – Dinas Sosial (Dinsos) Kutim mendapat instruksi dari bupati Kutai Timur untuk menyalurkan bantuan bagi para korban kebakaran di Telen.

Sebelumnya ada sebanyak 18 rumah hangus terbakar oleh api di Desa Muara Patun, Kecamatan Telen , Kabupaten Kutai Timur, pada hari Jumat (16/6/2023) lalu.

“Terdiri dari 30 kepala keluarga dengan 92jiwa,” sebutnya.

Oleh karena itu , Dinsos Kutim Bergerak cepat menyiapkan bantuan yang akan disalurkan. Bantuan yang diberikan tersebut berupa makanan, gula, teh dan makanan siap saji.

“Ada juga sifatnya kebutuhan pribadi seperti pempers, selimut, dan biskuit untuk anak-anak,” ungkap Kepala Dinas Sosial Kutai Timur, Ernata saat ditemui awak media, Rabu (22/6/2023).

Lebih lanjut, kata ia Dinsos Kutim tidak boleh memberikan bantuan berupa uang tunai, oleh karena itu Dinsos Kutim melakukan inovasi dengan cara bekerja sama/ MOU dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kutim.

“Agar pemkab dapat memberikan bantuan berupa uang kepada orang yang terkena bencana, yaitu sebanyak Rp 3.000.000/ kepala keluarga,” imbuhnya.

“Jadi sudah lengkap ada bantuan barang dan uang melalui baznas atas MoU dinsos,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Ernata menyebut Dinsos Kutim bekerja sama dengan Baznas memberikan bantuan kepada lanjut usia(lansia) atau tidak mampu maupun jompo miskin di Kutai Timur.

“Nanti kami yang dari Dinsos berupa barang dan Baznas kita upayakan bisa mengeluarkan bantuan berupa uang,” tuturnya.

Sebelum itu, ia mengatakan Dinsos Kutim telah menganggarkan untuk 90 jompo miskin di Kutim agar diberikan bantuan, yang tersebar dibeberapa kecamatan seperti di Sangkulirang, Kaliorang, Kaubun dan Teluk Pandan.

“Bantuan berupa makan dan selimut serta sembako. Semua materialnya sudah siap,” tutupnya.(Adv/Ma/Ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button