AdvertorialKukar

Melalui Festival Elai, Rendi Solihin Harap Bisa Tarik Wisatawan

Foto : Kunjungan kerja Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin di Desa Batuah. (Prokom Kukar)

Bujurnews, KUTAI KARTANEGARA – Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin pada Selasa (27/06/23) melihat kesiapan Festival Elai yang akan diselengarakan pada Tanggal 9 Juli 2023 di Desa Wisata Benua lai (Dewibelai) Desa Batuah Kecamatan Loa Janan.

Menurut Rendi, Keberadaan buah yang merupakan simbol Kecamatan Loa Janan khusunya Desa Batuah ini harus dipertahankan dan diangkat menjadi kearifan lokal. Dengan begitu Elai bisa menjadi salah satu sumber pendapatan desa sebagai daerah penghasil lai dan dengan begitu kedepanya bisa menarik wisatawan ke Kecamatan Loa Janan.

“Dengan meningkatnya wisatawan maka bisa meningkatkan perekonomian Kecamatan Loa Janan khususnya Desa Batuah” kata Rendi.

“Wacananya kita test dulu tahun ini dan tahun depan akan mencoba rekor muri membuat tumpeng buah elai terbesar se Indonesia,” sambung Rendi

Sementara itu, Nani selaku pemilik lahan mengatakan bahwa luasan tanah tersebut sekitar 10 Hektar dan ada sekitar 300 pohon buah Lai diarea tersebut.

Ia juga mengaku bahwa pohon-pohon ini sudah berusia puluhan tahun sehingga wajar bila satu pohon berbuah dengan banyak.

“Rata-rata yang dipanen itu buah yang jatuh makanya rasanya enak, bila dipetik duluan agak kurang rasanya” ungkapnya. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button