AdvertorialPemkab Kutim

Tahun Ini, Diskominfo Staper Kutim Targetkan 100 Persen OPD Gunakan Portal Satu Data

Bujurnews, Kutai Timur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur melalui Dinas Komunukasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfo Staper) Kutim menggelar pelatihan Comprehensive Knowledge Archive Network ( CKAN ) bagi oprator input Portal Satu Data Kutai Timur.

Kegiatan yang digelar di Ruang Dlounge Hotel Royal Victoria, Sangatta itu berlangsung selama dua hari saja, tanggal 4 dan 5 Juli 2023.

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten I Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Pemkab Kutim, Poniso Suryo Renggono.

Sebelumnya, Poniso menjamin informasi atau data yang disediakan untuk masyarakat pada portal satu data Kutai Timur valid dan kredible.

Sebab ia berpesan kepada seluruh operator penginputan informasi portal satu data Kutim agar data yang diinput kredibel.

“Pesan saya, setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) agar menginput data yang akurat, kredibel dan valid serta dapat dipertanggung jawabkan,” ujar Poniso, Selasa (4/7/2023).

Hal itu harus dilakukan oleh setiap operator penginput portal satu data Kutai Timur sebab portal tersebut bisa diakses oleh seluruh masyarakat Kutai Timur.

Namun apabila ada keluhan atau laporan dari masyarakat untuk pemerintah, masyarakat bisa melaporkan melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor.

“Kita jamin karena data yang diberikan harus yang sudah di edit oleh kepala OPD, kalau ada kesalahan OPD yang bertanggung jawab,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Staper Kutim, Ery Mulyadi menyampaikan penggunaan portal satu data Kutai Timur satu-satunya di Kaltim yang telah terintegrasi. Selain itu, tahun ini seluruh OPD harus sudah menggunakan portal satu data Kutai Timur.

“Pada 2023 awal kemarin sudah disepakati ada 2.214 jenis data dan telah disepakati oleh 65 kementerian dan lembaga beserta pokja di dalamnya, kita akan menyesuaikan data-data apa saja yang ditampilkan di portal itu,” tuturnya. (Adv/Bjn-02/Ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button