TNI

Danramil 0909-02 Sangkulirang Beri Materi Wawasan Kebangsaan.

Bujurnews, Sangkulirang – Komandan Koramil 0909-02 Sangkulirang Kapten Arh M Jabal menjadi nara sumber dalam memberikan materi wawasan kebangsaan kepada pelajar SMA se kecamatan Sangkulirang dan para guru di gedung serbaguna jalan wana bakti Desa Benua Baru ulu kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur.

Momentum ini sangatlah baik dan tepat guna membangkitkan semangat para generasi muda dan terkhusus pelajar SMA sederajat yang ada di kecamatan Sangkulirang dengan melakukan aksi nyata seperti penguatan karakter diri, menanamkan nilai-nilai cinta tanah air dan kedisiplinan sebagai pondasi berbangsa dan bernegara,rela berkorban demi bangsa dan negara serta kebaikan ujar Danramil saat memberikan materi wawasan kebangsaan.

Lebih lanjut Danramil menjelaskan terdapat nilai karakter integritas yang mendasari perilaku seseorang untuk selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, memiliki komitmen dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan moral,” katanya.

“Karakter integritas meliputi sikap tanggung jawab melalui konsistensi tindakan dan perkataan yang berdasarkan kebenaran,” imbuhnya.

Tidak kalah penting, nilai karakter mandiri yang merupakan sikap dan perilaku tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan segala tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita.

Untuk itu terkhusus para pelajar ini di harapkan harus memiliki semangat , mandiri , memiliki etos kerja yang baik, tangguh, berdaya juang, profesional, kreatif, keberanian, dan menjadi tulang punggung dalam membangun wilayah masing-masing dengan bersinergi dengan pihak terkait tegasnya.

Tujuan utama wawasan kebangsaan adalah membangun dan mengembangkan persatuan dan kesatuan salah satu manfaat dari wawasan kebangsaan adalah timbulnya rasa menjiwai semangat bangsa , wawasan kebangsaan adalah konsepsi cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pungkas Danramil menutup materi.

Selain materi wawasan kebangsaan juga memberikan materi singkat tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia , pemantapan pengamalan Pancasila , pelaksanaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 , Pelestarian Bhinneka Tunggal Ika serta Pertahanan dan Pemeliharaan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta bahaya narkoba.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button