AdvertorialPemkab Kutim

Peringati HUT RI Ke-78, Pemkab Kutim Gelar Ceremony On The Road di 3 Titik

Bujurnews, Kutai Timur – Selain melaksanakan upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Kutim, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) juga menggelar ceremony on the road 17 Agustus 2023 di 3 titik wilayah Kota Sangatta.

Ceremony on the road tersebut diisi dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya dan hormat pada bendera merah putih.

Kasi Keselamatan Dishub Kutim, Awang Adi Juni Astara menyampaikan pihaknya menurunkan petugas sebanyak 9 orang untuk 3 titik ceremony on the road.

Disisi lain, ia juga menyampaikan makna ceremony on the road dapat menanamkan jiwa kebangsaan pada masyarakat Kutim khususnya.

Di mana masyarakat hanya diminta berdiri sejenak selama 3 menit untuk mengenang jasa pahlawan.

“Karena meraih kemerdekaan ini tidak mudah ya, pejuang kita dengan 3,5 abad untuk meraih kemerdekaan itu tidak mudah, kita hanya 3 menit saja untuk menumbuhkan rasa nasionalisme,” ujarnya, Kamis (17/8/2023).

Ditambahkan oleh Koordinator Ceremony on the road, Kanit Turjawali Polres Kutim, Ipda Wilson Tanjung disampaikan bahwa kegiatan itu dilakukan secara serentak di Indonesia pada pukul 11.17 Wita atau 10.17 WIB dengan arahan dari pemerintah pusat.

“Ceremony on the road ini digelar di 3 titik, simpang 4 Patung Singa, simpang 3 Jalan Pendidikan dan simpang 3 Telkom, dengan masing-masing titik ada 15 orang yaang bertugas,” imbuhnya.

Lebih jauh, ceremony on the road dilakukan pemberhentian kendaraan selama 3 menit, diantaranya untuk membunyikan sirine 30 detik dan sisanya menyanyikan lagi Indonesia Raya yang dibarengi dengan hormat bendera.

Menurutnya, dengan berdiri di tengah jalan, menghormat bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dapat menunjukkan rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia.

“Maknanya kita mempunyai rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia agar tertanam di seluruh Indonesia tidak diraih dengan mudah,” pungkasnya. (Adv/Bjn-02/Ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button