AdvertorialParlementaria

Ketua Komisi D DPRD Kutim Yan Ipau Dorong Peningkatan SDM Melalui Pendidikan Formal

Bujurnews, Kutai Timur – Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Yan Ipui mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan formal.

Pendidikan formal mulai jenjang sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi dapat mempengaruhi kualitas SDM di Kutai Timur. Apalagi bagi pejabat-pejabat yang memiliki wewenang dalam pembuatan kebijakan.

“Pendidikan formal sangat penting, apalagi kita-kita (pejabat) yang membuat kebijakan, bayangkan kalau kita (pejabat) hanya lulusan dari Paket A, B, C lalu diminta untuk membuat kebijakan, kan tidak pas,” ungkap Politikus dari Partai Gerindra, Senin (28/8/2023).

Lanjutnya, apabila pejabat hanya lulusan sekolah paket, maka akan berpengaruh terhadap sosial dimana kebijakannya belum tentu bisa dilaksanakan oleh seluruh pihak.

Oleh seba itu, pentingnya pendidikan formal bagi calon-calon pejabat sangatlah dibutuhkan agar kebijakan yang dibuat nantinya tepat sasaran.

Namun, pendidikan tinggi juga kenyataannya tidak menjamin nasib seseorang di lingkungan sosialnya.

“Salah satu itu yang jadi dilematis, di kampung saya itu cukup banyak sarjana yang menganggur dan ada anak yang tidak mau sekolah lulus SMP tidak lanjut SMA dan mereka berkebun dan menghasilkan,” jelasnya.

Tapi, lanjutnya, dilematisnya juga justru yang lulusan sarjana sekolah dari kecil terbiasa sekolah sehingga tidak terbiasa berkebun.

Kendati demikian, ia berharap agar para sarajana di Kutai Timur dapat menjadi petani dan pekebun yang handal serta mengimplementasikan ilmu di sekolah untuk di perkebunan.

“Kembali pada masing-masing orangnya ya, tapi harapan kami mahasiswa-mahasiswa di Kutim bisa mempraktikkan ilmunya di lapangan,” pungkasnya.(Adv/Apj/Ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button