AdvertorialKukar

DLHK Kukar Sebut Peran Masyarakat Sangat Penting Atasi Masalah Sampah

Foto : Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLHK Kukar Irawan (istimewa)

Bujurnews, KUTAI KARTANEGARA – Sebagai upaya pengendalian sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kutai Kartanegara (Kukar), mengajak seluruh masyarakat terlibat dalam pengelolaan sampah.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLHK Kukar, Irawan mengatakan permasalahan yang dihadapi setiap daerah itu harus ada campur tangan masyarakat untuk mengatasinya. Masalah sampah bukan hanya hilirnya saja , namun juga hulunya juga harus di perhatikan.

“Dimulai dari perilaku masyarakat untuk bagaimana pengelolaan persampahan bisa mereka tangani dari awal. Sedangkan kami hadir untuk membantunya dengan pembentukan bank sampah di tiap desa,” kata Irawan.

DLHK Kukar menghadirkan bank sampah yang bertujuan untuk mengelola sampah. Nantinya peran bank sampah itu untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait dengan sampah. Ia mengatakan disaat sampah itu diantar ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah tersebut akan langsung dipilah dan dimanfaatkan.

Mengingat, luasnya geografis Kukar dengan 20 kecamatan. DLHK Kukar akan terus menggungkan pengelolaan sampah bersama ini. Agar, peran pemerintah dalam menangani sampah lebih terarah, terukur dan baik demi kepentingan bersama.

“Tanpa lelah kami terus memyampaikan informasi terkait sampah kepada masyarakat. Karena sampah ini bagaimana kita merubah perilaku orang. Dan kunci sukses pengolahan sampah cuma satu yakni pemilahan dari rumah tangga. Sehingga kita menyadarkan terkait sampah ini mulai dari masyarakat,” pungkasnya. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button