AdvertorialKukar

Kelurahan Baru Gelar Pelatihan Pemadam Kebakaran

Foto : Suasana pembekalan pemadam kebakaran di Kelurahan Baru. (Istimewa)

Bujurnews, KUTAI KARTANEGARA – Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan Penyuluhan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran, pada Selasa (10/10/2023) lalu.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Pembekalan tersebut diikuti oleh 20 peserta dengan menghadirkan narasumber dari Badan SAR Samarinda dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kukar.

Lurah Kelurahan Baru, Bayu Ramanda mengatakan pentingnya edukasi kepada masyarakat untuk menghadapi situasi kebakaran.

“Setelah pelatihan, Kelurahan Baru akan melanjutkan rekrutmen terkait arahan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar untuk program relawan,” terang Bayu.

Sementara itu, Koordinator Siaga Satu Reserse Basarnas Samarinda, Riqi Efendi, secara teknis pelatihan yang diberikan diantaranya ilmu pertolongan pertama (medical fisrt responder) hal itu sangat penting disaat mereka menemukan adanya korban kebencanaan.

Menurutnya, MFR merupakan salah satu langkah awal untuk tim penyelamatan untuk menyelamatkan diri sendiri, lingkungan, tim, dan korban.

“Peserta diharapkan memahami kompetensi yang diperlukan dan terus berlatih, karena ilmu-ilmu ini terus berkembang.” harapnya. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button