AdvertorialKukar

Sunggono Sebut Pentingnya Indeks Profesionalitas ASN Untuk Evaluasi Capaian Kinerja

Foto : Sekda Kukar Sunggono. (Istimewa)

Bujurnews, KUTAI KARTANEGARA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono mimpin rapat koordinasi manajemen kepegawaian dalam rangka penguatan penilaian Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Selasa (24/10/23) di Hotel Novotel Balikpapan.

Sunggono mengatakan tuntutan masyarakat akan pemerintahan yang akuntabel, bersih serta mampu memberikan pelayanan publik yang prima terlebih dalam era reformasi birokrasi memberi dampak bagi pemerintah daerah untuk memiliki akuntabilitas kinerja yang baik, transparan dan mampu mendapatkan kepercayaan publik, khususnya dari Sumber Daya Manusia sebagai salah satu aset tidak tampak.

Untuk itu, Sunggono meyakini perlunya perbaikan dalam manajemen pegawai dan SDM di lingkungan birokrasi harus dapat mengikuti perkembangan organisasi yang kompetitif dalam rangka mewujudkan Aparatur Negara yang profesional.

“Profesionalitas ASN merupakan kunci keberhasilan ASN dalam melaksanakan fungsinya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa,” ujarnya.

Menurutnya, Untuk mengetahui tingkat profesionalitas ASN diperlukan pengukuran indeks profesionalitas yang akan menghasilkan peta atau potret kriteria tertentu, yaitu kesesuaian kualifikasi, kompetensi, tingkat kinerja, dan kedisiplinan pegawai ASN dalam melaksanakan tugas jabatannya.

“Hal tersebut bisa mempermudah saat melakukan pemetaan jabatan sehingga saat adanya promosi, mutasi dan demosi tak ada perdebatan,” ungkapnya. (Zu)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button