AdvertorialBontangKota

Gelar Sosbang ke-7 di Bontang, Harun Al Rasyid: Penanaman Nilai-nilai Kebangsaan Sejak Dini Harus Jadi Perhatian

Bujurnews, Bontang – Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Harun Al Rasyid mengatakan, penanaman nilai-nilai kebangsaan sejak dini harus diperhatikan. Hal ini disampaikannya dalam sosialisasi wawasan kebangsaan (sosbang) ke-7 yang dilaksanakan di Kota Bontang, Minggu (26/11/2023).

Sosialisasi yang diikuti oleh ratusan masyarakat dari berbagai latar belakang ini dilaksanakan tepatnya di Hotel Andika, Jl Hayam Wuruk, Berbas Tengah, Bontang Selatan.

Legislator dari Komisi I DPRD Kaltim dari Fraksi PKS ini mengatakan, wawasan kebangsaan merupakan landasan bagi setiap warga negara untuk memahami dan menghayati nilai-nilai dasar kebangsaan, seperti Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Wawasan kebangsaan ini penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, penting bagi setiap warga negara untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dasar kebangsaan,” ujarnya.

Harun menjelaskan bahwa keempat pilar kebangsaan saling berkaitan dan saling mendukung satu sama lain. Pancasila sebagai ideologi dasar negara menjadi landasan bagi UUD 1945. UUD 1945 sebagai konstitusi negara mengatur tentang NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. NKRI sebagai bentuk negara menjadi wadah bagi Bhinneka Tunggal Ika. Sementara itu, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara menjadi landasan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara yang majemuk.

Legislator yang juga merupakan Hafidz Quran ini mengajak masyarakat untuk memahami dan mengamalkan keempat pilar kebangsaan tersebut. Hal ini penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

“Mari kita bersama-sama menjaga dan mengamalkan nilai-nilai dasar kebangsaan. Dengan demikian, kita dapat mewujudkan bangsa Indonesia yang kuat dan bersatu,” pungkasnya. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button