Kota

GAPKI Cabang Kaltim Kolaborasi Bersama ILO dalam Penguatan Norma Ketenagakerjaan, K3 dan Kesetaraan Gender

Bujurnews, Kutai Timur – Industri kelapa sawit Indonesia akhir-akhir ini menjadi isu International dikarenakan baberapa hal yang terkait dengan isu ketenagakerjaan, kesetaraan gender, pekerja anak dan lingkungan. Merespon hal tersebut, GAPKI Cabang Kalimantan Timur bekerjasama dengan ILO Indonesia sepakat membuat program bersama berdurasi 6 bulan (sejak Juli 2023–Februari 2024).

GAPKI Cabang Kaltim menetapkan 2 perusahaan sebagai Pilot Project, yaitu PT. Telen di Kabupaten Kutai Timur dan PT. Tritunggal Sentra Buana Plantation di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kegiatan pelatihan penguatan kapasitas bagi pekerja dan komunitas terhadap Norma Ketenagakerjaan, K3 dan Kesetaraan Gender, telah dilakukan sejak tanggal 29 Agustus 2023 lalu.

Dalam seremonial pembukaan, Perwakilan ILO Indonesia Januar F. Rustandie berharap pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Semoga ini juga dapat dijadikan contoh untuk cabang-cabang GAPKI yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I Cabang GAPKI Kaltim, Hendro Setyo Aji berharap diujung kegiatan diperoleh penguatan kapasitas dan pengetahuan tentang standar ketenagakerjaan, keselamatan dan kesehatan kerja, dan pengarusutamaan gender bagi para komunitas, terutama para pekerja perempuan mitra kerja/rantai pasok sektor industri kelapa sawit.

“Diharapkan pelatihan ini bisa berdampak positif bagi peserta pelatihan dan dapat menerapkannya di tempat asalnya,” sebutnya.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur Ahmad Muzzakir, ST, Msi menilai kegiatan ini sangat positif bagi para komunitas mitra kerja perusahaan dalam pemahaman Norma Ketenagakerjaan, K3 dan Kesetaraan Gender.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button