TNI

Babinsa Kaliorang Koramil 0909-06 Bengalon Amankan Pawai Ogoh Ogoh.

Kaliorang, Menyambut perayaan hari raya nyepi bagi umat Hindu yang ada di Kabupaten Kutai Timur khususnya Kecamatan Kaliorang dilaksanakan dengan meriah melalui pawai ogoh ogoh dengan star di lapangan voli Desa Bumi Sejahtera Jalan Bougenville Kecamatan Kaliorang ucap Sertu M Lasman Fajar Babinsa Kaliorang Koramil 0909-06 Bengalon saat menghadiri dan melakukan pengamanan jalannya pawai ogoh ogoh tersebut.

Lebih dari sekadar pertunjukan seni, parade ogoh-ogoh juga menyiratkan makna mendalam.Ogoh-ogoh memvisualisasikan sifat-sifat negatif dalam diri manusia. Saat pengarakan, Ogoh-ogoh diarak mengelilingi banjar atau desa secara bersama-sama ungkap Babinsa.

Ogoh-ogoh adalah boneka raksasa yang merupakan manifestasi Bhutakala. Dalam ajaran Hindu Dharma, Bhutakala adalah kekuatan Bhu atau alam semesta dan Kala (waktu) yang tak terukur dan tak terbantahkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, ogoh-ogoh adalah patung yang terbuat dari bambu, kertas, dan sebagainya berbentuk raksasa dan lain-lain yang diarak keliling desa pada hari tertentu (biasanya sehari menjelang Nyepi) jelas Sertu M Lasman Fajar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button