AdvertorialPemkab Kutim

DLH Kutim Gelar Aksi Penanaman Terumbu Karang Penyulaman Mangrove dan Bersih-Bersih Pantai

Bujurnews, Kutai Timur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar aksi penanaman terumbu karang, penyulaman mangrove dan bersih-bersih pantai, di Pantai Teluk Lingga, Jumat (21/6/2024).

Dalam sambutannya, Kepala DLH Kutim, Armin Nazar melalui Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kutim, Andi Palessangi mengatakan kegiatan tersebut adalah bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2024.

“Yang bertemakan “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. Tema ini dipilih sebagai pengingat sekaligus ajakan bahwa, penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan dan inkluvitas,” jelas Andi.

Dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup, DLH Kutim juga akan melaksanakan beberapa agenda yaitu Lomba Eco Office, lomba membuat poster, lomba membaca puisi, pembuatan vlog, serta akan mengadakan talkshow dan expo mini.

“Lomba Eco Office untuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Kutim, lomba menggambar untuk SD, lomba membuat poster untuk anak SMP dan SMA. Dan lomba membaca puisi bertemakan lingkungan untuk anak SMA serta pembuatan vlog untuk umum,” ungkapnya.

“Serta akan melaksanakan talkshow dan expo mini pada tanggal 26 Juni nanti, sekaligus sebagai puncak acara dengan pemberian beberapa penghargaan kepada perusahaan yang telah mengelola lingkungannya dengan baik,” sambungnya.

Kegiatan Aksi pada hari ini ditujukan untuk memulihkan kondisi Pantai Teluk Lingga menjadi lebih baik dengan menanam terumbu karang di daerah pesisir pantai yang banyak mengalami kerusakan akibat aktifitas manusia.

“Serta melakukan penyulaman terhadap tanaman mangrove yang banyak ditanam sebelumnya, untuk memastikan tanaman yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan bersih bersih pantai walaupun dari pengelola pantai sudah disipkan petugas yang membersihkan pantai ini sehingga terlihat kondisi yang cukup bersih untuk menimbulkan kenyamanan kepada para pengunjung,” pungkasnya.(adv/adl/ja).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button