AdvertorialBontangDispoparekraf BontangKota

Dispoparekraf Bontang Siapkan Sekretariat Bagi Organisasi Kepemudaan

BONTANG – Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Dispoparekraf) Kota Bontang akan siapkan sekretariat bagi organisasi kepemudaan Bontang di area lantai dasar Kantor Dispoparekraf Kota Bontang.

Menurut Kepala Dispoparekraf Bontang, Rafidah, mulanya ruangan tersebut diperuntukkan untuk ruang kreasi milenial. Namun, kini ruang kreasi milenial telah dibangunkan gedung sendiri di Lapangan Hop I Bontang.

“Jadi akan kami alihfungsikan untuk sekretariat bagi organisasi kepemudaan yang belum memiliki ruangan atau gedung sekretariat,” jelasnya.

Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi pemuda agar memiliki tempat dan wadah bertukar ide-ide dan pendapat. Sekretariat ini menyasar kepada organisasi yang sudah legal.

“Nanti seluruh organisasi bisa saling membantu dan bekerjasama untuk menuangkan ide-ide kreatifnya,” paparnya.

Melalui fasilitas tersebut, Rafidah menginginkan koordinasi yang lebih intens, perihal arah dan tujuan dari penyaluran bakat-bakat mereka.

Ia berharap rasa percaya diri para pemuda akan tumbuh, untuk terus mengembangkan dan mempelajari kemampuan yang dimiliki, dari masing-masing personal ataupun organisasi.

Dengan begitu, lanjut Rafidah, pemuda di Kota Bontang dapat lebih percaya diri dengan terus mempelajari bakat yang ada dalam diri masing-masing.

“Organisasi kepemudaan di Kota Bontang ini beragam latar belakangnya, maka memiliki potensi bakat yang banyak dan perlu digali lagi,” lanjutnya.

Rafidah menyebutkan, organisasi kepemudaan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) , Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) dan lainnya, merupakan deretan organisasi yang harus didampingi dan dibimbing.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan perombakan ruangan, sebelum digunakan. Ia akan mengubah ruang yang bersekat itu menjadi ruang yang lebih besar.

“Setidaknya satu sekretariat mendapatkan dua ruangan yang nantinya akan dijebol jadi satu,” jelasnya. 

Hingga kini, organisasi pemuda yang sudah bermohon ke  Dispoparekraf ada empat. Ia menilai, Dispoparekraf memiliki ruangan kosong yang lumayan banyak, maka jumlah untuk organisasi yang dimuat akan disesuaikan kembali.

“Karena cuman pembongkaran dan pemindahan barang-barang ruang kreasi milenial, kemungkinan di tahun ini ruangan tersebut sudah bisa digunakan,” katanya. (adv/ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button