AdvertorialDPRD Kutim

Novel Tyty: Peningkatan Akreditasi Rumah Sakit Jadi Prioritas Utama

Bujurnews – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur, dr. Novel Tyty Paembonan, menegaskan bahwa peningkatan akreditasi rumah sakit di Kutai Timur dari grade B ke A menjadi target utama.

dr. Novel menjelaskan pentingnya akreditasi maksimal untuk mendapatkan perhatian lebih besar dari Kementerian Kesehatan, termasuk bantuan yang lebih besar dalam bentuk alat kesehatan dan program kesehatan.

“Jadi begini yang saya tahu semua daerah itu berlomba-lomba bagaimana Rumah Sakit mereka itu bisa terakreditasi maksimal, ya dan kalau dia punya akreditasi yang lebih baik itu otomatis perhatian dari Kementerian Kesehatan itu akan lebih baik, contoh misalnya ada rumah sakit di tempat lain mereka sungguh luar biasa bekerja mereka dapat bantuan yang besar baik dari alat kesehatan program kesehatan mereka dapat kenapa kutai timur tidak bikin begitu,” ujar dr. Novel, Senin (5/8/2024).

dr. Novel menyebutkan bahwa kendala utama dalam meningkatkan akreditasi adalah kurangnya koordinasi yang baik.

“Pertama koordinasi yang baik ya koordinasi antara teman-teman di rumah sakit sendiri bersama seluruh staf, koordinasi mereka ke pemerintah koordinasi mereka kepada kami di DPR terkait dengan apa masalah yang harus kita bantu,” jelasnya

“Misalnya Cath Lab, ini bisa menjadi nilai tambah bagi rumah sakit kita. Banyak pasien jantung yang harus dirujuk ke Samarinda dan harus mengantre lama. Dengan fasilitas Cath Lab di sini, pasien dari Bontang, Berau, dan bahkan Bulungan bisa datang ke Kutai Timur,” tambahnya.

dr. Novel juga menyoroti kelebihan Kutai Timur dalam menyediakan layanan kesehatan.

“Contohnya, di Bontang tidak ada dokter spesialis urologi, sehingga operasi urologi dilakukan di sini. Ini adalah nilai tambah bagi rumah sakit kita,” ucapnya.

Ia menekankan pentingnya memanfaatkan anggaran APBD yang besar untuk menyediakan sarana dan fasilitas kesehatan terbaik bagi masyarakat.

“Nah itu kan kita syukuri bahwa Kutai Timur dengan APBD yang besar mampu memanfaatkan anggaran, untuk menyediakan sarana fasilitas kesehatan yang terbaik untuk masyarakat,” pungkasnya.(adv/adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button