AdvertorialDPRD KutimKotaKutim

Maraknya Kebakaran di Kutim, Joni Imbau Perbarui Instalasi Listrik

Bujurnews – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur, Joni, menyoroti meningkatnya kejadian kebakaran di wilayah Kutai Timur dan memberikan beberapa rekomendasi untuk mencegah kejadian di masa mendatang.

Joni menyampaikan bahwa Bupati Kutai Timur telah mengimbau masyarakat untuk memperbarui instalasi listrik yang sudah lama digunakan. Hal ini dikarenakan seringnya konsleting listrik atau arus pendek menjadi penyebab utama kebakaran.

“Mungkin instalasi-instalasi yang lama itu perlu diremajakan lagi, karena rata-rata masalahnya dari konsleting listrik, arus pendek,” ujarnya saat diwawancarai di depan ruang kerjanya belum lama ini.

Selain itu, Joni menekankan pentingnya kehati-hatian masyarakat saat meninggalkan rumah. Ia mengingatkan agar steker atau colokan listrik dicabut untuk menghindari potensi bahaya kebakaran.

Menanggapi kendala yang dihadapi dalam upaya pengurangan risiko kebakaran, Joni menjelaskan bahwa pemerintah daerah telah menyediakan fasilitas pemadam kebakaran (Damkar) yang memadai, termasuk alat pemadam dan simulasi penanganan kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran.

“Yang jelas, untuk saat ini masyarakat harus menjaga rumahnya masing-masing seperti yang diperintahkan. Kalau bepergian, colokan harus dicabut,” ujar politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut.

Namun, Joni juga mengakui bahwa akses ke beberapa lokasi yang sulit dijangkau masih menjadi kendala dalam mempercepat proses pemadaman kebakaran.

“Kalau di tempat-tempat yang bisa diakses dengan mudah, ya pemadaman bisa dilakukan dengan cepat,” pungkas Joni.(adv/adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button