KotaKutim

GAPKI Kaltim Berikan Seminar Perspektif Industri Kelapa Sawit, Kaum Muda Perlu Edukasi

Bujurnews – Ratusan pelajar dan mahasiswa di Kutim, terlihat antusias mengikuti seminar Bekesahan dengan Bubuhan Milenial yang membahas edukasi, peran dan perspektif industri kelapa sawit berkelanjutan pada kaum milenial, yang digelar oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) cabang Kalimantan Timur di Ruang Pelangi, Hotel Royal Victoria Sangatta, Kamis (26/09/2024).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber, yakni Edi Suhardi Selaku Ketua Bidang Kampanye Positif GAPKI Pusat, Achmad Maulizal Sutawijaya selaku Kepala Divisi Perusahaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Aminudin Aziz dari Bidang Usaha Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur, Risnayanti selaku Sekertaris Eksekutif PASPI, serta mengundang Agustaman Petani Kelapa Sawit Sukses dari Kecamatan Muara Wahau.

Dalam sambutannya, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang di wakili oleh Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur, Sumarjana menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya acara Bekesahan dengan kaum milenial. Menurutnya, masyarakat Kutim khususnya kaum milenial, perlu diberikan informasi yang utuh terkait peran industri sawit dimasyarakat, sehingga tidak menimbulkan salah persepsi.

“Bekesahan dengan milenial tentang industri kelapa sawit ini sesuatu yang bagus dan konstruktif, karena memang perlu disosialisasikan tentang komoditas unggulan dan andalan Kutim kelapa sawit, Tadi sudah banyak dibahas strategisnya, persebarannya sekarang adalah bahwa kita semua akan berganti generasi-generasi, berganti terus yang akan menggantikan adalah generasi muda, termasuk adik-adik mahasiswa dan anak-anak yang ada di SMA atau SMK sekarang ini harus mulai terbuka lagi kemajuan teknologi dan sebagainya” ucap Sumarjana.

“Diharapkan tidak hanya berhenti sampai di sini penerapan teknologi budidayanya, tetapi lebih canggih lagi. Dengan demikian produktivitas produksi lebih ditingkatkan termasuk keramahan terhadap lingkungannya,” sambungnya.

Ketua GAPKI Cabang Kalimantan Timur, Rachmat Perdana Angga mengatakan, kegiatan Bekesah dengan Bubuhan Milenial merupakan program GAPKI cabang Kaltim. Yang berkaitan dengan tujuan untuk melakukan edukasi dan kampanye positif terkait industry sawit kepada mahasiswa, pelajar SMK dan SMA.

“Hari ini merupakan launching dari acara Bekesahan dengan Bubuhan Milenial yang nantinya setelah acara ini, setelah paparan dari narasumber, akan ada sayembara lomba karya tulis ilmiah untuk peserta yang hadir disini dan yang mengikuti secara online,” ujar Rachmat.

“Nanti akan kita umumkan pemenangnya di acara Bekesahan part 2 nanti di Samarinda rencananya, ya InsyaAllah kita adakan satu bulan kedepan setelah acara ini,” tambahnya.

Rachmat berharap, paparan narasumber bisa menambah wawasan dan pengetahuan peserta mengenai kelapa sawit.

“Supaya nanti dalam menyusun karya ilmiah ini mendapatkan ide dan usulan, yang bisa di salurkan dalam karya tulis ilmiah dan semoga nanti yang karya tulisannya dinilai oleh dewan juri, nanti akan mendapatkan hadiah pemenang yang akan kita umumkan di Bekesahan part 2,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum GAPKI Pusat Eddy Martono, melalui Ketua Bidang kampanye positif Edi Suhardi, menyampaikan bahwa industri kelapa sawit sangat dekat dengan masyarakat, dan saat ini memiliki peran yang sangat nyata untuk masyarakat secara umum.

“Kelapa sawit saat ini tidak hanya dikembangkan untuk minyak goreng, maupun kosmetik, namun pemerintah telah melakukan penghematan untuk devisa negara dengan pemanfaatan sawit sebagai biodiesel. Dan disisi lain, industri kelapa sawit telah mempekerjakan 16 juta orang,” ucap Edi Suhardi, saat membacakan sambutan Ketua Umum GAPKI Pusat.

“Tidak bisa dipungkiri, peranan industri kelapa sawit yang begitu masif saat ini, tidak terlepas dari para pelaku usaha. Kinerja tersebut terus kita akan awasi, sehingga industri sawit dapat kita tingkatkan sebagai sumber kesejahteraan dan kemakmuran bangsa,” tutupnya.(adl/ja/ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button