NasionalTrending Medsos

Jelang Akhir Jabatan, Jokowi Titipkan Pesan Penting kepada TNI untuk Jaga Keamanan Pelantikan Prabowo-Gibran

Bujurnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan penting kepada seluruh prajurit TNI menjelang akhir masa jabatannya. Dalam pidato yang disampaikan pada peringatan HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/2024), Jokowi meminta agar TNI menjaga stabilitas keamanan saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yang akan digelar pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Jokowi menegaskan bahwa TNI harus memastikan proses transisi pemerintahan dari dirinya dan Ma’ruf Amin kepada Prabowo-Gibran berjalan dengan aman dan lancar. “Jangan sampai ada riak yang berpotensi mengganggu keamanan negara,” ujar Jokowi dihadapan para prajurit dan masyarakat yang hadir.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan TNI agar menjaga netralitas dan keamanan menjelang Pilkada serentak 2024 yang akan digelar pada 27 November mendatang. Pemilihan kepala daerah tersebut akan berlangsung di 580 kabupaten/kota dan 37 provinsi di seluruh Indonesia. Menurutnya, peran TNI sangat penting dalam memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan tertib.

“Terima kasih kepada seluruh keluarga besar TNI yang telah mendukung saya dalam menjalankan tugas sebagai presiden selama 10 tahun terakhir,” ucap Jokowi, mengakhiri pidatonya dengan penuh haru.

Pada upacara HUT TNI ini, Jokowi juga memberikan apresiasi khusus kepada Prabowo Subianto, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan, atas kontribusinya dalam meningkatkan kualitas pertahanan Indonesia. “Terima kasih kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sekaligus presiden terpilih,” tambahnya, yang disambut tepuk tangan meriah dari masyarakat.

Momen ini menjadi penutup peran Jokowi sebagai inspektur upacara terakhir kalinya di HUT TNI sebelum resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia. (ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button