AdvertorialPemkab Penajam Paser Utara

RSUD Ratu Aji Putri Botung Berikan Cek Gula Darah Gratis

Foto: Cek gula darah di aula serbaguna RSUD Ratu Aji Putri Botung Penajam (Ist)

PENAJAM – Tidak hanya memberikan sosialisasi penyuluhan, RSUD Ratu Aji Putri Botung juga memberikan pelayanan cek gula darah dan tensi gratis untuk cegah dan edukasi tenaga kesehatan dan pasien diabetes di aula serbaguna rumah sakit, Selasa (8/10).

Dokter penyakit dalam RSUD Ratu Aji Putri Botung, Ony Wiraswati menyatakan peningkatan signifikan pasien diabetes di rumah sakit dalam 5 tahun terakhir.

Disebutkan, pada 2019 menunjukkan 150 pasien hingga September 2024 mengalami peningkatan drastis menjadi 512 pasien.

“Jumlah pasien diabetes sangat tinggi dibanding 2019 lalu, Bahkan sekarang remaja juga jadi pasien diabates,” ungkapnya.

Menurutnya, jika gula darah pasien dapat dikendalikan dan komplikasi terus dicegah, penderita diabetes bisa hidup normal seperti orang lain.

“Kami ingin memastikan pasien diabetes bisa merawat diri dengan baik, sehingga risiko komplikasi bisa diminimalisir,” jelasnya.

Selain itu dalam program ini, RSUD juga menyediakan layanan konsultasi dengan dokter dan pemberian obat anti-diabetes untuk pasien yang membutuhkannya.

Ony berharap, Selain pengobatan melalui tenaga kesehatan, pasien dapat mengelola kondisi secara mandiri dengan baik untuk menghindari komplikasi.

“Jika sudah terkena diabetes, yang paling penting adalah mengendalikannya. Kami mau pasien diabetes tetap sehat sepetti orang pada umumnya,” demikian Ony. (adv/ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button