NasionalTrending Medsos

Jokowi Isyaratkan Tidak Hadir dalam Pelantikan Prabowo-Gibran, Pilih Pulang ke Solo

Bujurnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sinyal kuat bahwa ia kemungkinan besar tidak akan hadir pada pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI pada 20 Oktober 2024 mendatang. Hal ini disampaikan Jokowi dalam acara BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center, Selasa (8/10/2024).

“Ya mungkin nggak,” ujar Jokowi saat ditanya mengenai kehadirannya di pelantikan tersebut. Jokowi menjelaskan bahwa setelah mengakhiri masa jabatannya, ia berencana langsung pulang ke Solo untuk beristirahat. “Pulang ke Solo dulu, tidur,” kata Jokowi.

Rencana kepulangannya ke Solo akan dilakukan pada sore hari tanggal 20 Oktober, segera setelah pelantikan presiden dan wakil presiden baru berlangsung. Jokowi menegaskan keinginannya untuk menikmati masa pensiun dengan tenang di kampung halamannya setelah memimpin Indonesia selama dua periode.

Sebelumnya, Jokowi juga sempat menepis spekulasi mengenai kemungkinan dirinya bergabung dalam Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) setelah menyelesaikan masa jabatannya. Hal ini merespons pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, yang menyebut Jokowi akan bergabung sebagai anggota Wantimpres. Menanggapi hal tersebut, Jokowi dengan tegas mengatakan, “Saya mau pulang ke Solo,” ketika diwawancarai di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Kamis (12/9/2024).

Dengan pernyataan tersebut, tampaknya Jokowi ingin fokus pada kehidupan pribadinya setelah lengser, tanpa terlibat dalam politik aktif di pemerintahan. (ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button