AdvertorialPemkab Penajam Paser Utara

Dokter RSUD RAPB Edukasi Jenis Diabetes

Foto: Dokter penyakit dalam, RSUD Ratu Aji Putri Botung (RAPB) dr. Ony Wiraswati (Ist)

PENAJAM – Memberikan edukasi penyakit yang mengakibatkan banyaknya kadar gula dalam darah, Dokter Penyakit dalam RSUD Ratu Aji Putri Botung (RAPB) dr. Ony Wiraswati menyampaikan jenis-jenis penyakit diabetes melitus yang umum ditemukan.

menjelaskan, diabetes terbagi menjadi tiga tipe utama yakni, Diabetes Tipe 1, Diabetes Tipe 2, dan Diabetes Gestasional. Dikatakan, mmasyarakat sering salah persepsi terkait jenis diabetes.

“Banyak yang mengira Diabetes Tipe 1 akan berubah atau naik tingkay menjadi Tipe 2, padahal keduanya berbeda karena faktor penyebabnya,” jelas Ony, Selasa (8/10).

Dia menguraikan bahwa Diabetes Tipe 1 dipicu oleh faktor genetik yang menyebabkan pankreas tidak mampu memproduksi insulin dengan baik.

Sementara, Diabetes Tipe 2 lebih banyak diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi gula yang berlebihan dan kurangnya aktivitas fisik.

“Diabetes Tipe 2 semakin sering dijumpai karena gaya hidup yang tidak seimbang, dan ini terus meningkat di tengah masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan, kebiasaan sehari-hari seperti terlalu banyak makan makanan manis dan jarang berolahraga dapat memicu munculnya diabetes tanpa disadari oleh banyak orang.

Selain itu, ia juga menjelaskan tentang diabetes gestasional, yaitu kondisi ketika kadar gula darah meningkat pada ibu hamil yang bisa memengaruhi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

“Meskipun tidak semua ibu hamil mengalami diabetes gestasional, tetap perlu pemeriksaan rutin setiap bulan untuk mendeteksinya,” ujarnya.

Dia mengingatkan bahwa penggunaan obat-obatan tertentu, khususnya yang mengandung steroid tanpa resep dokter, dapat meningkatkan risiko diabetes.

“Beberapa obat untuk nyeri pinggang, lutut, atau sesak napas, jika dikonsumsi tanpa resep dokter, bisa menyebabkan meningkatnya kadar gula darah,” terangnya. (adv/ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button