Kutim

DSN Group Laksanakan Sekolah Lapang untuk Petani Swadaya Kelapa Sawit

Bujurnews – DSN Group sukses melaksanakan pelatihan sekolah lapang bagi petani swadaya di bawah naungan Koperasi Karya Indah pada tanggal 26 dan 28 September 2024. Antusias petani terhadap pelatihan ini cukup tinggi, dengan jumlah peserta kurang lebih 100 orang. Materi pelatihan meliputi Good Agriculture Practices (GAP), tata kelola koperasi, pengendalian hama, kesehatan dan keselamatan kerja, pencegahan kebakaran hutan dan lahan, serta pengelolaan limbah berbahaya sekaligus materi terkait replanting.

Kegiatan pelatihan berlangsung di lahan salah satu petani yang telah tersertifikasi RSPO. Seluruh agenda sekolah lapang pelatihan ini dilakukan secara terbuka, sehingga pelatihan berjalan dengan asik dan menyenangkan. Pada sesi tanya jawab petani dan pemateri saling berdiskusi terkait isu dan permasalahan yang sering dijumpai para petani di lapangan. Diakhir sesi dari perusahaan membagikan doorprize bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari pemateri.


Petani swadaya di sekitar wilayah operasional perusahaan semakin merasakan dampak positif dari program kemitraan bersama DSN Group. Dengan bermitranya petani, koperasi, dan DSN Group, petani dapat mengetahui dan menerapkan praktik berkebun yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, sehingga dapat langsung merasakan manfaatnya seperti peningkatan produktifitas buah kelapa sawit, kesehatan dan keselamatan kerja yang lebih baik, hingga mendapat insentif dari sertifikasi RSPO dan ISPO yang saat ini sudah diraih.

Para petani swadaya berharap hubungan kemitraan yang sudah berjalan sejauh ini dapat berlanjut secara terus-menerus dan menjadi lebih baik lagi mengingat bahwa petani swadaya mulai memasuki masa replanting. Besar harapan petani agar DSN Group selalu turut serta mendampangi para petani mitranya.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besar nya kepada DSN Group sebagai mitra, kami sangat menyambut baik penyelenggaraan pelatihan ini dan kami harap kegiatan positif lainnya bisa terus berjalan. Semoga hubungan mitra antar koperasi, petani dan DSN Group bisa terjalin dengan baik, dan DSN Group menjadi prusahaan yang semakin berkembang dan semakin jaya,” ungkap Widyo, Ketua Koperasi Karya Indah.

Sesuai misinya, DSNG berkomitmen untuk menjadi perusahaan kelas dunia yang bertumbuh bersama masyarakat dan dibanggakan negara. Pelatihan dan peningkatan kapasitas kepada petani swadaya guna mencapai tujuan kelapa sawit berkelanjutan ini menjadi salah satu langkah perwujudan misi tersebut. DSN Group membekali petani mitra dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan, termasuk dalam mengimplementasikan kebijakan NDPE (No Deforestation, No Peats and No Exploitation) serta praktik-praktik terbaik dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit. (ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button