AdvertorialKukar

Edi Damansyah Resmikan Program Kredit Kukar Idaman Dengan Bunga Nol Persen

Foto : Suasana launching Kredit Kukar Idaman. (Istimewa)

Bujurnews, KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyerukan kepada seluruh masyarakat agar menghentikan meminjam uang ke rentenir dan manfaatkan Program Kredit Kukar Idaman dengan bunga nol persen.

Hal tersebut dikatakannya saat melaunching Kredit Kukar Idaman bagi Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan, Senin (16/10/2023) di Halaman Parkir Kantor Bupati, Tenggarong.

“Manfaatkan kredit Kukar Idaman melalui Bankaltimtara dengan persyaratan mudah dan bunga nol persen,” kata Edi Damansyah.

Pemkab Kukar telah memberikan ruang kepada seluruh masyarakat untuk dapat mengembangkan peluang berusaha dengan penguatan aspek permodalan dengan meluncurkan Kredit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui skema Kredit Kukar Idaman kerjasama antara Pemkab Kukar dengan Bank Kaltimtara.

Skema perkreditan ini dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses kredit melalui bank, dengan prasyarat yang sangat minim, alokasi kredit ini dirancang oleh Pemkab Kukar dengan mengalokasikan penyertaan modal kepada Bank Kaltimtara, untuk dapat berkontribusi bagi pengembangan perekonomian daerah.

“Ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing produk UMKM, dengan target memperkuat kapasitas usaha melalui akses permodalan, perluasan jaringan pemasaran dan peningkatan kualitas produk,” jelasnya.

Edi menunju Dinas Koperasi dan UMKM, untuk dapat mengiringi keberadaan kredit UMKM dengan menyediakan wadah konsultasi dan penguatan kompetensi melalui ”Klinik UMKM” di setiap kecamatan ataupun zona-zona yang memiliki potensi UMKM yang paling potensial, sehingga kredit Kukar Idaman ini dapat dimanfaatkan dan dioptimalkan bagi peningkatan potensi usaha masyarakat yang lebih terarah dan berkesinambungan.

Selain itu, Pemkab Kukar juga memfasilitasi seluruh UMKM agar dapat masuk dalam sistem pemasaran digital, sehingga syarat-syarat yang harus disediakan oleh UMKM keseluruhannya akan difasilitasi oleh Pemkab Kukar, misalkan seperti sertifikat halal dan sertifikat kelayakan produk. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button