AdvertorialPemkab Kutim

Jelang Pemilu 2024, Kesbangpol Kutim Gelar Sosialisasi Netral ke Perangkat Desa

Bujurnews, Kutai Timur – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menyelenggarakan sosialisasi tentang netralitas perangkat daerah dengan tema “Mencegah Penyalahgunaan Wewenang Perangkat Desa Pada Pemilu Serentak Tahun 2024” di Hotel Royal Victoria pada Senin (13/11/2023).

Kegiatan tersebut akan berlangsung dari 12-14 November 2023. Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Pemerintahan bidang Hukum dan Politik, Tejo Yuwono.

Pada kesempatan itu, Tejo Yuwono mengapresiasi kegiatan tersebut, dirinya menekankan pentingnya netralitas dan profesionalisme perangkat desa dalam menjalankannya selama Pemilu Serentak 2024.

Ia juga mengingatkan bahwa pelanggaran terhadap netralitas akan dikenakan sanksi sesuai hukum yang berlaku,“Aparat desa pada Pemilu Serentak 2024 harus profesional, berintegritas, dan berkomitmen. Ketika melanggar kenetralan, hukum memberikan sanksi yang berlaku. Aturan harus dipegang teguh. Perangkat desa juga harus berkomitmen karena kalian ujung tombak pemerintahan desa,” tegas Tejo.

Kepala Desa Bumi Sejahtera Kecamatan Kaliorang, Dedi Rachmat, melakukan pembacaan fakta integritas netralitas perangkat desa, yang diikuti oleh seluruh peserta perangkat desa dan lurah.

Acara juga mencakup penandatanganan integritas sebagai tanda komitmen terhadap netralitas.

Kepala DPMDes Kutim, Yuriansyah, menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini, khususnya deklarasi netralitas perangkat desa. Ia juga berharap Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pilpres 2024 dapat berjalan dengan baik dan damai.

“Salah satunya yang dilaksanakan hari ini, dideklarasikan oleh 139 desa yang menyatakan siap untuk mendukung netralitas serentak Pileg dan Pilpres di tahun 2024. Mudah-mudahan apa yang diucapkan dapat terlaksana dengan baik ,” ujar Yuriansyah. (adv/adl/ja).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button