KotaKutim

Pastikan Angkutan Nataru Laik Jalan, Dishub Kutim Lakukan Ramp Check

Bujurnews, Kutai Timur – Dinas Perhubungan (Dishub) Kutai Timur belum lama ini telah melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum dalam rangka mudik perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kegiatan ramp check dilaksanakan sebayak dua kali dalam setahun yaitu menjelang Idul Fitri dan perayaan Nataru, di mana kegiatan tersebut dilakukan di Terminal Sangatta Kilometer 3 dan saat kegiatan ramp check terdapat tiga unit kendaraan umum yang dilakukan uji kelayakan.

“Ramp check ini kami laksanakan untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan para pemudik selama masa liburan Nataru. Kemarin tiga unit kendaraan kami lakukan uji kelayakan, diantaranya dua unit bus Setya Mas dan Bone indah serta satu unit travel Sunjaya,” ungkap Kepala Dishub Kutim, Joko Suripto di ruang kerjanya, Jumat (29/12/2023).

Joko,mengatakan dari pemeriksaan ketiga unit kendaraan umum tersebut dinyatakan layak beroperasi, selanjutnya dilakukan penempelan stiker sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak beroperasi.

“Kami lakukan pengecekan pada kelengkapan surat-surat dan fisik kendaraan seperti mesin, rem, ban, lampu hingga fungsi alat kedaruratan seperti pemecah kaca darurat,” jelasnya.

Joko menambahkan pada moment Nataru tahun ini, ia tidak mendapatkan banyak kendaraan untuk dilakukan ramp check karena situasi Terminal Sangatta dalam proses pembangunan.

“Kemarin yang terjadi accident itu tidak kami lakukan ramp check karena informasinya kendaraan tersebut terparkir dibelakang dan digunakan untuk pariwisata,” imbuhnya.(adl/ja).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button