NasionalPolitikTrending Medsos

PDIP Usung Risma dan Gus Han sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2024

Bujurnews – PDI Perjuangan resmi mengumumkan pasangan calon untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024. Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah, menyatakan bahwa partainya telah memutuskan untuk mengusung Menteri Sosial Tri Rismaharini dan KH Zahrul Azhar Asad, yang dikenal sebagai Gus Han, sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

Pasangan ini rencananya akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Timur pada Kamis, 29 Agustus 2024. “Hari ini pasangan Risma-Gus Han akan kami daftarkan secara resmi di KPUD Jawa Timur,” ujar Said Abdullah dalam keterangannya di Jakarta, seperti dikutip oleh Antara.

Said Abdullah menegaskan bahwa pemilihan Risma dan Gus Han sebagai pasangan calon bukan tanpa alasan. Keduanya dinilai saling melengkapi baik dari segi latar belakang maupun karakter yang mereka representasikan. Tri Rismaharini, yang akrab disapa Risma, dikenal sebagai figur nasionalis yang memiliki pengalaman panjang dalam dunia birokrasi dan jabatan publik. Sebagai mantan Wali Kota Surabaya, Risma telah membuktikan kemampuannya dalam mengelola pemerintahan dan menghadirkan perubahan nyata di kota terbesar kedua di Indonesia tersebut.

Di sisi lain, Gus Han, seorang ulama dan intelektual muda, mewakili corak religius yang kuat di Jawa Timur, wilayah yang dikenal dengan budaya santri dan pesantrennya. Dengan kehadiran Gus Han, PDI Perjuangan berharap dapat merangkul segmen pemilih dari kalangan santri dan kaum religius di provinsi tersebut.

“Kami percaya bahwa pasangan Tri Rismaharini dan Gus Han dapat menjadi representasi yang ideal bagi masyarakat Jawa Timur. Mereka tidak hanya mewakili dua corak kultural besar di provinsi ini—nasionalis dan religius—tetapi juga menawarkan perpaduan antara pengalaman panjang di bidang pemerintahan dan intelektualitas muda yang progresif,” tambah Said.

Dari perspektif kelompok usia dan bidang karier, Said juga menyoroti bahwa Risma dan Gus Han saling melengkapi. Risma, sebagai seorang pemimpin berpengalaman, memiliki rekam jejak yang solid dalam memimpin birokrasi. Sementara itu, Gus Han membawa energi baru dengan latar belakang intelektual yang kuat dan hubungan erat dengan komunitas pesantren.

Pasangan Risma-Gus Han diharapkan dapat menarik dukungan luas dari masyarakat Jawa Timur, terutama mengingat keduanya adalah tokoh yang sangat dihormati di bidangnya masing-masing. Pilkada Jawa Timur 2024 diprediksi akan menjadi salah satu kontestasi politik paling menarik di Indonesia, dengan pasangan ini menjadi salah satu kandidat terkuat. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button