Advertorial

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Kesbangpol Kukar Gelar Festival Demokrasi Kebangsaan

Foto : Pembukaan Festival Demokrasi Kebangsaan. (Diskominfo Kukar)

KUTAI KARTANEGARA – Untuk meningkatkan wawasan para pemilih pemula, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar kegiatan Festival Demokrasi Kebangsaan. Kegiatan yang digelar di Pendopo Wakil Bupati ini dibuka oleh Asisten I Setkab Kukar Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Akhmad Taufik Hidayat pada hari Kamis, 15 Agustus 2024. Taufik Hidayat mengatakan, salah satu barometer keberhasilan pelaksanaan Pemilihan Umum adalah tingginya tingkat partisipasi pemilih. 

Ditambahkannya bahwa tingkat partisipasi pemilih pada beberapa kali pelaksanaan Pilkada masih rendah. Seperti pada Pilbup Kukar 2015 yang hanya mencapai 58,93%, kemudian pada Pilgub Kaltim 2018 sebesar 60,44%, lalu Pilbup Kukar 2020 yang hanya 57%.
“Dengan masih rendahnya tingkat partisipasi pemilih terutama pada saat Pilkada, maka sangat diharapkan dukungan untuk bersama-sama menyosialisasikan kepada kawan-kawan di sekolah, keluarga, dan warga masyarakat di sekitar lingkungan agar menggunakan hak pilih dalam rangka meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 mendatang,” pesannya.

Menurut Asisten I Kukar pendidikan pemilih merupakan elemen penting dalam demokrasi. Pemilih yang rasional menjadi ukuran kualitas demokrasi. Oleh karena itu, Asisten I Setkab Kukar menyambut baik dilaksanakannya Festival Demokrasi Kebangsaan yang merupakan implementasi Aksi Perubahan Mekar Demokrasi atau Membangun Kesadaran Demokrasi.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Kukar Rinda Desianti berharap agar Festival Demokrasi Kebangsaan tak hanya digelar dalam rangka menyambut pesta demokrasi Pemilu maupun Pilkada. “Saya harap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan setiap tahun, khususnya dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan para pelajar kita,” katanya.

Sedangkan Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol Kukar Rini Sulistiyowati selaku penggagas Aksi Perubahan Mekar Demokrasi mengatakan, selain menggelar Festival Demokrasi Kebangsaan yang diisi dengan kegiatan Cerdas Cermat Sadar Pemilu, sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik Pemilih Pemula di SMAN 2 Tenggarong dan Kopiral Tenggarong dengan menghadirkan narasumber dari KPU dan Bawaslu Kukar.
“Kemudian kita juga telah melaksanakan Apel Upacara Bendera di SMAN 3 Tenggarong yang dipimpin Kepala Badan Kesbangpol.Kesemuanya ini kita gelar dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang,” jelasnya.

Gelaran Festival Demokrasi Kebangsaan kembali diisi dengan sosialisasi Pendidikan Politik Pemilih Pemula serta Lomba Cerdas Cermat Sadar Pemilu yang diikuti 9 SLTA di Kecamatan Tenggarong.
“Ke 9 sekolah tersebut adalah SMAN 1 Tenggarong, SMAN 2 Tenggarong, SMAN 3 Tenggarong, SMKN 1 Tenggarong, SMKN 2 Tenggarong, MAN 2 Kutai Kartanegara, SMK Ketopong, SMK Geologi Pertambangan, dan SMA IT Nurul Ilmi,” demikian ujar Rini.

Lomba Cerdas Cermat Sadar Pemilu dalam rangka Festival Demokrasi Kebangsaan tersebut akhirnya dimenangkan regu dari SMAN 1 Tenggarong usai sukses mengumpulkan nilai tertinggi. Regu SMAN 1 Tenggarong berhak meraih trofi dan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta.

Sementara regu SMAN 2 Tenggarong harus puas meraih gelar Juara II dan membawa pulang trofi dan uang pembinaan sebesar Rp 2,75 juta. Sedangkan SMKN 1 Tenggarong sebagai Juara III berhak mendapatkan trofi dan uang sebesar Rp 2,5 juta. Untuk regu yang gugur di babak penyisihan tetap mendapat apresiasi berupa trofi dan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 750 ribu. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button