Trending Medsos

Raffi Ahmad Raih Gelar Doktor Kehormatan, Kampus di Thailand Diduga Tak Berizin

Bujurnews – Raffi Ahmad, selebriti ternama Indonesia, baru-baru ini mendapatkan gelar doktor kehormatan (Doktor Honoris Causa) dari Universal Institute of Professional Management (UIPM), sebuah institusi pendidikan di Thailand. Penghargaan ini menuai perhatian publik, namun muncul kabar bahwa UIPM ternyata tidak memiliki izin operasional di Indonesia.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV, telah melakukan investigasi pada 29 dan 30 September 2024 di lokasi UIPM di Plaza Summarecon Bekasi. Hasil investigasi menunjukkan bahwa tidak ada aktivitas operasional perguruan tinggi maupun kantor UIPM di lokasi tersebut.

Ditjen Diktiristek juga telah berkoordinasi dengan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemdikbudristek untuk menindaklanjuti temuan ini. Abdul Haris, Dirjen Diktiristek, menegaskan bahwa tanpa izin operasional penyelenggaraan pendidikan tinggi dari pemerintah, gelar akademik yang diberikan oleh perguruan tinggi asing seperti UIPM tidak dapat diakui secara resmi di Indonesia.

Kasus ini memicu diskusi di kalangan masyarakat tentang pentingnya memastikan legalitas dan akreditasi lembaga pendidikan sebelum menerima penghargaan atau gelar akademik. Meskipun Raffi Ahmad mendapatkan gelar kehormatan, isu ini menggarisbawahi betapa pentingnya izin operasional resmi dalam dunia pendidikan tinggi. (ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button