AdvertorialBontangKominfo BontangKota

Dinas Lingkungan Hidup Bontang Gelar Kegiatan World Clean Up Day (WCD)

Bontang – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bontang menggelar kegiatan World Cleanup Day (WCD) yang dimulai dengan senam bersama di UMKM Center Parikesit, Bontang Baru, Senin (23/9). Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Hj. Aji Erlinawati, Kepala Baperida Amiruddin, Kepala Dinas LH Heru Tri Admaja, serta wakil dari beberapa perusahaan, para direktur Bank Sampah, dan komunitas peduli lingkungan setempat.

Dalam laporannya, Kepala Dinas LH, Heru Tri Admaja, menjelaskan pentingnya mengelola sampah dengan baik dan memanfaatkan nilai ekonominya.

“Kami berkomitmen untuk memberdayakan bank sampah dan menanamkan perilaku positif dalam pengelolaan sampah,” ujarnya.

Ia juga menetapkan target peningkatan jumlah relawan dari 13 ribu di tahun 2023 menjadi 15 ribu pada tahun 2025. Tema yang diusung peringatan tahun ini, “Kami 13 Juta Relawan Bebersih untuk Memberi Ruang Kehidupan.”

Sekda Aji Erlinawati, dalam sambutannya yang membacakan pesan Walikota, menekankan pentingnya kesadaran akan lingkungan.

“Mari kita serukan budaya sadar lingkungan dan menanamkan kebersihan sejak usia dini, dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar,” katanya.

Ia mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam memilah sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Sebagai bentuk apresiasi, Pemkot Bontang melalui DLH memberikan penghargaan kepada empat unit bank sampah, dengan Unit Bogenvil dari Kelurahan Api Api meraih juara pertama. Disusul oleh Unit Masdarling dari Gunung Telihan, Unit Buncis dari Kelurahan Guntung, dan Bank Sampah Unit dari Kelurahan Botang Lestari. Selain itu, DLH juga memberikan sertifikat kepada puluhan perusahaan yang berpartisipasi, termasuk PT Badak, PT Pupuk Kaltim, dan PT Indominco Mandiri.

Kegiatan WCD ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menjadikan Bontang sebagai kota yang bersih dan ramah lingkungan. Dengan dukungan semua elemen masyarakat, gerakan ini diharapkan dapat terus berkembang dan membawa dampak positif bagi lingkungan. (apv/ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button