Kota

Diskan Kutim Gelar Lomba Masak Serba Ikan, Bupati Ardiansyah: Tidak Ada Dampak Negatif Kebanyakan Makan Ikan

Bujurnews, Kutai Timur – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, melalui Dinas Perikanan (Diskan) Kutai Timur (Kutim), menggelar perlombaan masak serba ikan yang diikuti seluruh kecamatan wilayah Kutim.

Acara tersebut bertajuk “Dengan Makan Ikan : Sehat, Kuat, Cerdas serta Keluarga Sejahtera” dibagi menjadi 3 kategori, yaitu menu balita, menu keluarga dan menu kudapan.

Acara yang rutin digelar tiap tahunnya ini melibatkan 17 kecamatan se Kutim dan kali ini dipusatkan di Ruang Akasia, Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi, Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta Utara, Senin (21/08/2023).

Pada kesempatan itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyebut ikan memiliki potensi yang besar, contohnya seperti sebagai sumber protein utama bagi anak-anak sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Saya yakin sekali anak-anak kita suka makan ikan, malahan sangat suka. Hanya persoalannya bagaimana ikan yang disajikan itu mampu untuk memberikan pendampingan perkembangan kepribadian mereka baik secara pola pikir atau mungkin secara fisik,” pungkasnya.

Lebih jauh, dirinya mengatakan tidak ada dampak negatif dari kebanyakan makan ikan, kecuali beberapa ikan yang memang kandungan kolestrolnya cukup tinggi.

Oleh sebab itu, memang perlu dilakukannya sosialisasi lebih lanjut agar masyarakat mengetahui jenis-jenis ikan apa saja yang aman dikonsumsi sehari-hari.

“Selain itu, yang tidak kalah penting adalah bagaimana inovasi daripada masakan ikan itu sehingga memiliki daya tarik. Belum ada sajian-sajian warung yang mengkhususkan dari ikan, saya kira inovasi yang dibuat dari Tim Penggerak PKK masing-masing kecamatan hari ini begitu pulang mungkin silahkan ke warung-warung yang kira-kira mereka mencoba menyajikan makanan serba ikan,” ucapnya.

Senada, Kepala Dinas Perikanan Suriansyah mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini selain untuk memperkenalkan olahan makanan berbahan baku ikan tapi juga memperkenalkan keanekaragaman masakan yang berbahan baku ikan kepada masyarkaat luas serta menyebarluaskan informasi tentang manfaat dan pentingnya makan ikan.

“Sedangkan untuk bahan baku yang digunakan selain ikan adalah udang, terutama udang yang berasal dari potensi masing-masing kecamatan dan untuk peserta yang mendapatkan juara umum pada hari ini akan mewakili Kabupaten Kutai Timur pada lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda,” tutupnya.(Adv/Dd/Ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button