AdvertorialKaltim

Pemprov Kaltim Target SAKIP Nilai A Tahun Depan

BALIKPAPAN – Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Riza Indra Riadi membuka acara Fasilitasi Penguatan SAKIP di Hotel Novotel Balikpapan, Rabu (18/5/2022). Acara yang diselenggarakan Biro Organisasi Setda Provinsi Kaltim itu mengangkat tema

“Pendampingan dalam rangka penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Kaltim”.

Riza menyambut baik kegiatan yang digelar dalam upaya mendukung pencapaian misi kelima Gubernur Kaltim, yakni Berdaulat Dalam Mewujudkan Birokrasi Pemerintahan yang Bersih, Professional dan Berorientasi Pelayanan Publik.

Dijelaskan Riza, salah satu sasaran Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi yang tertuang dalam RPJMD Perubahan 2019-2023 yaitu mewujudkan birokrasi yang efektif dan efisien dengan nilai indikator SAKIP A.

“Sejak 2015 Kaltim masih stagnan di kategori nilai BB. Target kinerja kita SAKIP harus dapat nilai A sampai tahun 2023,” tegas Riza.

Saat ini di lingkup Pemprov Kaltim baru ada 10 organisasi perangkat daerah (OPD) yang bisa  meraih nilai B dan 9 OPD di posisi CC. Padahal lanjut Riza, untuk bisa meraih nilai A, maka minimal 3 OPD sudah harus mampu meraih nilai A.

“Jadi Pak Iwan (Karo Organisasi), harus ada 3 OPD yang kita konsentrasikan agar bisa mencapai nilai A. Target kita 2023 Kaltim sudah naik¬† tidak mentok di BB lagi,” tandas Riza lagi.

Untuk dapat meraih nilai A (memuaskan), Kaltim masih membutuhkan 2,19 poin. Sebab saat ini Kaltim baru mencapai 77,82 poin.

“Untuk nilai A kita harus mampu mencapai angka 80,01 poin,” tambahnya.

Sebenarnya kata Riza, Kaltim sudah sangat bagus dalan penyusunan perencanaan, pengukuran, dan evaluasi. Hanya saja, masih ada sedikit lemah dalam pelaporannya.

“Dalam tiga hal ini sebenarnya Kaltim sudah bagus. Hanya pelaporannya harus dikuasai betul, harus dikuati. Tentu harus ada yang khusus melakukan itu,” sarannya.

Bukan hanya menuntut perbaikan kinerja dalam upaya pencapaian target A dalam SAKIP, Riza juga mengingatkan agar kepada tim dan OPD yang berhasil berjuang untuk mencapai nilai A juga perlu diberikan reward atau penghargaan, bukan hanya kertas piagam dan piala.

Acara dihadiri Kepala Biro Organisasi Iwan Setiawan dan Kepala Biro Adbang Lisa Hasliana. (sul/adpimprov kaltim)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button