Kutim

Sistem Pendanaan dan Pengadaan Alat dan Tempat, PT BPN (DSN Group) Jalin MoU dengan BUMDes dan Koperasi Tepian Langsat

Bujurnews – PT Bima Palma Nugraha (DSN Group), menandatangani MOU kemitraan usaha dengan BUMDes dan Koperasi Tepian Langsat, pada tanggal 26 Agustus 2022. Kemitraan usaha tersebut merupakan kerjasama yang disepakati oleh kedua belah pihak, antara lain dari sistem pendanaan, pengadaan alat usaha, tempat usaha, sampai usaha tersebut mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Program ini dijalankan secara berkesinambungan melalui program pendampingan baik kapasitas SDN, manajemen bisnis dan operasional teknisnya.

PT Bima Palma (DSN Group) sebagai mitra, menjadi penjamin (Avalis) Bumdes dan Koperasi Tepian Langsat untuk mendapatkan modal untuk usaha angkutan TBS, yaitu berupa Dumptruck sebanyak 24 unit sampai dengan akhir tahun 2022 ini. Unit-unit tersebut saat ini telah dioperasionalkan di Bima Palma Nugraha. Selanjutnya di tahun 2023 akan diupayakan tambahan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, BPN dengan peran yang sama juga memfasilitasi Bumdes mendapatkan permodalan untuk pengadaan 4 alat berat yaitu 2 TLB, 1 set grader dan Compect.

Dalam sambutannya di acara MOU tersebut, Plantation Head PT BPN (DSN Group), Ali Wafa, mengatakan bahwa konsep ini sesuai dengan Undang-Undang Cipta Kerja tahun 2021, serta peraturan pemerintah di mana peluang kemitraan oleh perusahaan tidak terbatas pada pembangunan kebun sawit saja, tetapi juga terbuka untuk sektor lain, dengan berdasar pada kesepakatan bersama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan.

“Kemitraan dengan skema seperti ini mungkin saja menjadi yang pertama kali di usaha perkebunan Sawit. Tentunya kita memiliki keinginan yang sama agar kerja sama ini akan mendatangkan berkah dan keuntungan bagi kedua belah pihak, terlebih Bumdes Tepian Langsat adalah mitra yang dikelola oleh tim yang enerjik. Dengan demikian saya berharap kita bisa terus bersinergi bersama,” pungkas Ali Wafa mengakhiri sambutannya di acara.

Sementara itu Kepala Desa Tepian Langsat, Zeky Hamzah dalam sambutannya mengatakan bahwa DSN telah berperan penting di dalam mengangkat perekonomian masyarakat desa tepian dengan berbagai program CSRnya.

“Kami sangat beruntung berdampingan dengan perusahaan yang peduli dengan kemajuan desa Kami, dan terima kasih telah memberikan kepercayaan kepada kami,” ujar Zeky.

Penandatangan MOU tersebut juga mendapatkan apresiasi dari Bupati Kabupaten Kutai Timur, Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M.Si., disertai ucapan rasa terima kasih kepada DSN group yang telah mengembangkan ekonomi kerakyatan pada masyarakat desa Tepian Langsat, sehingga masyarakat juga ikut tumbuh dan berkembang bersama bisnis perusahaan. Baginya, kemitraan usaha dengan pendekatan ekonomi kerakyatan ini selayaknya bisa dijadikan model bagi desa lain dalam pembangunan Desanya. (*)

Editor: Raymond

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button