AdvertorialKukar

Perbup Kukar Nomor 18 Tahun 2018 Disosialisasikan

Foto : Suasana sosialisasi di ruang Vidcon Kantor Bupati Kukar. (Istimewa)

Bujurnews, KUTAI KARTANEGARA โ€“ Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) Totok Heru Subroto membuka sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Kukar Nomor 18 Tahun 2018 tentang Tata Naskah Dinas di lingkungan Pemkab Kukar, Selasa (18/4/2023).

Totok Heru Subroto mengatakan bahwa dalam rangka untuk meningkatkan tertib, efisiensi, dan efektivitas administrasi penyelenggaraan pemerintahan daerah diperlukan pedoman tata naskah dinas dilingkungan pemerintah daerah.

Berdasarkan Permendagri nomor 56 tahun 2019 bahwa pedoman tata naskah dinas merupakan tugas dan fungsi dari bagian organisasi setda Kabupaten Kukar, namun menurutnya pada pelaksanaannya juga merupakan bagian tugas dan fungsi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan karena penilaian indeks tata kelola kearsipan pada laporan hasil evaluasi reformasi birokrasi pada pemerintah daerah merupakan salah satu efek dari tata naskah dinas yang saat ini ditindaklanjuti dengan adanya aplikasi Srikandi.

Dimana hal tersebut dikatakannya juga menjadi tugas dan fungsi dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengingat saat ini sistem pemerintahan mengarah kepada sistem berbasis elektronik.

Apa yang telah dilaksanakan tersebut merupakan bagian dari penilaian kinerja pemerintah dengan indeks yang sudah ditetapkan, sehingga semua berupaya untuk memenuhi indeks penilaian tersebut namun bukan semata indeks yang tercapai namun sudah terimplementasikan dengan baik, berkenan dengan hal itu menurutnya dibutuhkan kolaborasi kerja antara perangkat daerah yang juga merupakan salah satu core value dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAkhlak).

โ€œUntuk capaian tersebut dibutuhkan kolaborasi kerja antara perangkat daerah yang juga merupakan salah satu core value dari ASN,โ€ jelas Totok.

Ia berharap agar seluruh kepala OPD beserta pejabat yang membidangi tatalaksana dan semua peserta sosialisasi yang mengikuti kegiatan bisa ikut berperan aktif, sehingga kedepan akan terwujud hal-hal yang dicita-citakan sesuai visi misi Kukar Idaman yaitu memantapkan birokrasi yang bersih, efektif, efisien dan melayani. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button