AdvertorialPemkab Kutim

Bandara Uyung Lahay Kongbeng Telah Ditinjau Otband Balikpapan, Target September 2023 Kantongi Izin Operasional

Bujurnews, Kutai Timur – Camat Kongbeng, Jumran telah meninjau Bandara Uyung Lahay di Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng bersama Otorita Bandara Balikpapan, belum lama ini untuk mengmbail data obstacle.

Bandara Uyung Lahay yang terletak di Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, sebenarnya telah beroperasi, hanya saja belum memiliki izin operasional. Sejauh ini bandara yang termonitor oleh Otban Balikpapan di Kecamatan Muara Wahau milik perusahaan.

“Selama ini kan yang terdeteksi oleh Kemenhub RI hanya yang di Muara Wahau milik perusahan itu, tapi suatu ketika saat ada pendaratan dari Kemenhub melihat ada koordinat landing selain di Muara Wahau, ternyata disini (Bandara Uyung Lahay),” ujar Jumran, Rabu (12/7/2023).

Oleh sebab itu, pihak Otorita Bandara Balikpapan bersama Dinas Perhubungan Kutai Timur, Kecamatan, dna Desa melakukan peninjauan ke lapangan untuk mengambil data obstackle.

Ia berharap bulan September tahu 2023 ini Bnadara Uyung Lahay mendapat izin operasi sehingga legalitas operasional terjamin.

“Semoga September izinnya sudah terbit karena ini belum ada izinnya, sementara ini maskapai yang sudah ada dari Susi Air dari Kongbeng menuju Samarinda,” ucapnya.

Sementara ini, bandara yang masih menjadai bandara perintis itu hanya melayani penerbangan dari Kongbeng menuju Samarinda yang ditempuh selama 45 menit menggunakan maskapai Susi Air.

Dimana tarif tiket per perjalanan hanya menghabiskan biaya Rp 350 ribu.

Ia menilai hal itu lebih efektif ketimbang menggunakan perjalanan darat yang kondisi jalannya kurang begitu memadai dan cukup jauh kurang lebih 10 jam perjalanan Kongbeng – Samarinda.

“Sangat efektif sekali, banyak juga masyarakat yang menggunakan fasilitas ini, dengan jadwal seminggu sekali ini selalu penuh,” terangnya. (Adv/Bjn-02/Ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button