AdvertorialParlementaria

RS Pratama Sangkulirang Kekurangan Nakes, Faizal Minta Pemerintah Beri Solusi

Bujurnews, Kutai Timur – Rumah Sakit (RS) Pratama Sangkulirang di Kutai Timur (Kutim) diketahui masih banyak kekurangan tenaga kesehatan (nakes) khususnya dokter spesialis penyakit dalam maupun spesialis anak. Hal ini pun berdampak pada pelayanan kesehatan yang tidak maksimal pada masyarakat Sangkulirang dan sekitarnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim), Faizal Rachman turut menyoroti dan meminta agar pemerintah mencarikan solusi atas masalah ini.

“Jika seperti ini kan jelas akan berdampak ke pelayanan kesehatan. Apalagi untuk kasus-kasus penyakit dalam dan anak-anak tidak dapat dilayani karena kurangnya dokter spesialis di RS Pratama Sangkulirang,” papar Faizal Rachman, Selasa (31/10/2023).

Lebih lanjut, anggota Komisi B DPRD Kutim ini mengatakan, masyarakat di Kecamatan Sangkulirang juga terpaksa harus mengeluarkan biaya pribadi jika ingin menerima perawatan di rumah sakit tersebut.

“Meski memiliki Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), mereka (Rumah sakit, Red) mengklaim tidak dapat mengajukan karena kurangnya dokter spesialis yang ada,” ujarnya.

Ia menyebutkan, faktor utama kurangannya dokter spesialis diakibatkan rendahnya gaji yang diterima. Sehingga banyak dokter yang mengajukan pengunduran diri.
Satu-satunya solusi adalah menaikkan gaji dokter spesialis agar dapat mempertahankan tenaga medis yang berkualitas di daerah.

“Peningkatan gaji ini sebagai upaya meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas di Sangkulirang. Agar dokter bisa betah, jadi tidak ada lagi yang mengundurkan diri,” tandasnya. (Adv/Kei/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button