BontangKota

Komitmen Kembangkan Ekonomi Kreatif, Dispopar Bontang Kunjungi MCC

Bujurnews, Bontang – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Bontang mengunjungi Malang Creative Center (MCC), Jumat (1/3/2024). Kunjungan itu membawa 23 pelaku ekonomi kreatif di Bontang.

Malang Creative Center (MCC) sendiri merupakan pusat kegiatan bagi pelaku yang aktif di sektor industri kreatif dan menjadi fasilitas yang mendukung semua sub-sektor dalam industri kreatif dan menjadi pendorong utama dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kota Malang.

Kepala Bidang Pariwisata Dispopar Bontang Muhammad Ihsan, mengatakan, kunjungan ini bagian dari persiapan Bontang menuju kota ekonomi kreatif sebagai penopang ekonomi ke depan, apalagi menghadapi Bontang pascamigas.

“23 pelaku ekraf perwakilan dari 17 subsektor ekonomi kreatif mengikuti kunjungan ini,” sebutnya.

Dikatakan dia, dalam kunjungannnya ini untuk mempersiapkan pelaku ekraf untuk mengelola gedung RKM yang bakal dibangun 2024 ini. Apalagi, RKM dapat menjadi inkubator untuk membangun SDM, khususnya pelaku ekonomi kreatif. Bahkan RKM juga diharapkan menjadi tempat pusat informasi terkait agensi, lisensi, permodalan, dan informasi pasar.

“Komitmen pemkot memberikan wadah, tempat, fasilitas untuk pelaku ekonomi kreatif di Bontang. Nah dengan kunjungan ini tentunya belajar dari Kota Malang yg lebih dulu punya pusat ekonomi kreatif (MCC),”terangnya.

Sementara itu, inisiator Rumah Kreasi Milenial, Fadhil Kaharuddin Jafar, menuturkan rumah kreasi ini merupakan wadah bagi anak muda yang secara komperhensif memfasilitasi kegiatan pengembangan ekonomi kreatif dengan desain institusi yang memiliki pola kerja sebagai inkubator bisnis dan agency bagi pelalu usaha kreatif di Bontang. Hal ini juga sejalan dengan program pengembangan untuk menyiapkan sumber daya manusia di era digital.

“Ini bentuk komitmen Pemkot memberikan ruang kreasi yang berupa fasilitas penunjang agar mendorong keterlibatan pemuda untuk pengembangan kota. Khususnya di pengembangan pariwisata, ekonomi kreatif, dan UMKM,” paparnya.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button