AdvertorialKukar

Pemkab Kukar Lakukan Persiapan Gerakan Pangan Murah

Foto : Rapat koordinasi persiapan gerakan pangan murah, Jumat (1/3/2024) di Ruang Serbaguna Kantor Bupati, Tenggarong. (Humas Pemkab)

Bujurnews, KUTAI KARTANEGARA – Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dengan melibatkan stakholder dan para pelaku usaha yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 9 hingga 10 Maret tahun 2024 di Eks Tanjung, Kecamatan Tenggarong.

“Gerakan ini telah dilakukan pemkab Kukar tahun sebelumnya dan tahun 2024 kembali digelar dalam upaya menekan inflasi daerah, dimana saat ini indeks harga pasar mengalami inflasi 0,19 persen,” kata Plt Asisten II Setkab Kukar Wiyono.

Adapun enam upaya konkrit pemkab Kukar dalam penanganan inflasi daerah yakni melaksanakan operasi pasar murah, sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, kerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, gerakan nemanaman cabe bagi ASN dipekarangan rumah, merealisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT), hingga dukungan transportasi dari APBD.

“Semua upaya konkrit tersebut telah kita lakukan dan tahun 2024 ini menjelang bulan suci ramadhan kembali kita gelar pangan murah. Mudah-muduahan dengan gerakan pangan murah akan membantu masyarkaat meringankan kebutuhan sehari-hari terutama memasuki bulan suci ramadhan,” ujarnya.

Adapun daftar OPD dan vendor yang ikut berpartisipasi yakni Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bulog, Dinas Koperasi dan UMKM, PT. Rajawali Nusindo (RNI), KWT dan KTNA Tenggarong, Era Mart Tenggarong, Alfa Midi, SM Corner, Dinas Ketahanan Pangan, Lapak Al-Hidayah, Dinas Kesehatan, Juragan Buah, P4S Pemuda Tani Keren.

Kemudian Bankaltimtara, Keamanan (Satpol, Dishub, TNI, Polri), CV Risa Bersaudara, UPT Distanak Tenggarong Seberang, Perkumpulan Pedagang Makanan. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button