AdvertorialPemkab Kutim

Diskominfo Staper Kutim Gelar Sosialisasi Keamanan Informasi dan Perlindungan Data Pribadi


Bujurnews – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandiaan (Diskominfo Staper) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Sosialisasi Keamanan Informasi dan Perlindungan Data Pribadi di Ruang Tempudau, Sekretariat Daerah Kutim, Selasa (30/4/2024).

Kegiatan yang mengusung tema “Keamanan dan Perlindungan Data Pribadi” ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga keamanan data pribadi di era digital. Acara ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Poniso Suryo Renggono dan menghadirkan narasumber Surya Fajar Saputra, Ketua Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kaltim dan Pengusaha TDA Green Nusa Computindo.

Plt Kepala Diskominfo Staper Kutim, Sulisman, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini penting untuk memberikan edukasi kepada para pegawai di lingkungan Pemkab Kutim tentang potensi risiko dan ancaman terhadap data pribadi, seperti pencurian identitas, serangan siber, dan eksploitasi informasi sensitif lainnya.

“Selain itu, sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang keamanan informasi, seperti phishing, scam, dan cara-cara melindungi data pribadi,” jelas Sulisman.

Lebih lanjut, Sulisman menerangkan bahwa implementasi keamanan informasi pada Perangkat Daerah (PD) dapat dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu, backup data secara berkala, menggunakan kata sandi yang kuat, membuat kebijakan yang membatasi akses terhadap data, menggunakan perangkat yang terpisah untuk pekerjaan dan keperluan pribadi, menggunakan koneksi jaringan internet yang aman, tidak memberikan kewenangan akses data tanpa izin, menghindari terjadinya insiden keamanan informasi dan meminimalkan dampak insiden keamanan informasi.

Sulisman berharap para peserta sosialisasi dapat memahami dan menerapkan materi yang disampaikan untuk menjaga keamanan data pribadi dan organisasi.
“Kami berharap para peserta dapat menyimak dan mengambil ilmu dari kegiatan ini,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Polres Kutim, Kodim 0909 Sangatta, dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), para pegawai dari berbagai perangkat daerah (PD) di lingkungan Pemkab Kutim, serta tamu undangan lainnya.(adv/adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button