AdvertorialDPRD Kutim

Dr. Novel Soroti Kurangnya Dokter Spesialis di RS Pratama Muara Bengkal

Bujurnews, Kutai Timur – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur, Dr. Novel Tyty Paembonan, menyampaikan keprihatinannya terkait kurangnya dokter spesialis di Rumah Sakit (RS) Pratama Muara Bengkal. Dr. Novel menekankan bahwa kebutuhan akan dokter spesialis di rumah sakit tersebut sangat mendesak dan harus segera dipenuhi.

“Terkait itu, pemerintah melalui instansi terkait harus benar-benar jeli untuk melihat bahwa kita memang benar-benar membutuhkan dokter spesialis,” ujar Novel.

Kurangnya dokter spesialis di RS Pratama Muara Bengkal dikhawatirkan akan berakibat pada terhambatnya pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah tersebut. Hal ini dapat menyebabkan masyarakat harus menempuh jarak yang jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan.

Novel menjelaskan bahwa ada empat dokter spesialis yang sangat dibutuhkan di RS Pratama Muara Bengkal, yaitu dokter penyakit dalam, spesialis anak, kandungan, dan dokter spesialis bedah. Ia menekankan pentingnya memperhatikan kebutuhan masyarakat secara proporsional.

“Empat spesialis dasar ini harus diperhatikan dengan cermat, terutama jika jumlah penduduk di daerah tersebut seimbang dengan perbandingan jumlah tenaga dokter spesialis dan jarak antara rumah sakit dan rumah sakit rujukan jauh,” tuturnya.

Menurut Novel, pemenuhan kebutuhan dokter spesialis harus didasarkan pada kondisi ideal yang ada. Jika rumah sakit sudah memadai dan anggaran tersedia, masyarakat Muara Bengkal akan merasa lebih puas karena pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan dapat terpenuhi.

“Kurangnya dokter spesialis ini harus segera diatasi dengan penambahan tenaga medis yang memadai, sesuai dengan kebutuhan dan standar pelayanan kesehatan yang diinginkan masyarakat,” tegasnya.

Ia juga menyoroti pentingnya pemenuhan standar pelayanan kesehatan di setiap wilayah.

“Setiap warga berhak mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas, termasuk di dalamnya pelayanan dari dokter spesialis,” tandasnya.

Novel mengajak semua pihak, baik pemerintah daerah, rumah sakit, maupun pihak terkait lainnya, untuk bekerja sama dalam menyelesaikan masalah ini.

“Kerjasama antarinstansi sangat penting untuk memastikan bahwa setiap warga Kutai Timur dapat mendapatkan layanan kesehatan yang setara dan memadai,” pungkasnya.

Ia berharap keberadaan dokter spesialis di RS Pratama Muara Bengkal dapat segera diperbaiki demi memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat.

“Diharapkan keberadaan dokter spesialis di Rumah Sakit Pratama Muara Bengkal dapat segera diperbaiki demi memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat dengan lebih baik,” tandasnya.(adv/adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button