AdvertorialPemkab Kutim

Hari Lahir Pancasila, Dispora Kutim Gelar Festival Pemuda

Bujurnews, Kutai Timur – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Timur menggelar Festival Pemuda, di Lapangan Helipad Bukit Pelangi, Sabtu (1/6/2024). Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kutai Timur, Basuki Isanawan, menekankan pentingnya nasionalisme, kebanggaan terhadap keragaman budaya, serta dorongan untuk kewirausahaan di kalangan generasi muda.

Ia mengajak para pemuda untuk bangga dan tidak malu mengenakan pakaian daerah. “Di hari lahir Pancasila, kita Pemuda juga harus ikut hadir. Hari ini kita menggelar Festival Pemuda, salah satunya dengan karnaval. Kita mengharapkan anak-anak muda kita yang biasanya malu atau gengsi menggunakan baju-baju daerah ternyata pada hari ini mereka cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Terima kasih anak-anak semuanya,” ucap Basuki.

“Festival ini menunjukkan kita semua, anak-anak Kutai Timur, bangga dengan jiwa nasionalisme. Kita mengharapkan anak-anak semuanya bisa bersatu, bisa bangga, karena keragaman itu merupakan hal yang luar biasa,” tambahnya.

Festival ini juga menghadirkan pasar UMKM binaan dari dinas koperasi dan UMKM serta binaan Dispora untuk mendukung wirausaha muda. “Kita mengharapkan anak-anak kita untuk bisa mau berwirausaha, untuk mau mengisi kegiatan-kegiatan yang positif sehingga bisa memberikan dampak yang luar biasa untuk kita semuanya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, berbagai kegiatan seminar juga akan diadakan dalam rangkaian festival ini. “Kita juga akan mengisi dengan kegiatan seminar-seminar. Nanti ada seminar tentang bahaya narkoba, kita akan mencoba memberikan penjelasan untuk menjauhi dan jangan mendekati narkoba,” ungkapnya.

“Kita juga akan menggelar seminar tentang bagaimana meningkatkan pengembangan diri, dengan teman-teman dari PT Pama Persada yang kami minta untuk membantu bagaimana menjadi enterpreneur-entrepreneur muda. Ini merupakan hal yang penting sehingga kita semua bisa maju bersama-sama,” pungkasnya.(adv/adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button