AdvertorialBontangDispoparekraf BontangKota

Dispoparekraf Kunjungi Dispora: Koordinasi Rancangan DOD

BONTANG – Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, (Dispoparekraf) Kota Bontang, melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pemuda den Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur, di Tower Kadrie Oening, Selasa, (10/7/2024).

Kadispoparekraf Kota Bontang, Rafidah mengungkapkan bahwa tujuan dari kunjungan kerjanya, yakni untuk melakukan koordinasi terkait rencana penyusunan Desain Olahraga Daerah (DOD) di Kota Bontang.

Menurutnya, pihaknya memerlukan beberapa referensi dari DBON Provinsi Kalimantan Timur, untuk melengkapi administrasi. Hal ini berguna, ketika pembentukan dan pelantikan pengurus, sehingga tidak ada lagi berkas yang kurang.

“Ini juga untuk menjalin sinergitas kebijakan keolahragaan daerah dengan DBON melalui tim koordinasi dan tim sekretariat yang akan dibentuk,” ujarnya. 

Pihaknya mengupayakan segala cara, agar anak-anak Bontang bisa menjadi bagian dari Olimpiade Nasional. Ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 86 tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), yang merupakan program pembangunan olahraga jangka panjang 2021-2045 mencakup, olahraga pendidikan, olahraga masyarakat, olahraga disabilitas dan olahraga prestasi.

Selain itu, berdasarkan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 15 Tahun 2023 tentang Tata Cara Penyusunan DOD, maka diperulkan beberapa referensi, guna mendukung pengimplementasian dari DBON tersebut, pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga juga telah memerintahkan daerah untuk menyusun DOD.

Kepala Dispopar Kaltim, Agus Hari Kesuma menjelaskan bahwa Kemenpora mendorong Daerah untuk segera menyusun DOD guna memastikan efektivitas pembangunan keolahragaan di daerah.

“Jika DOD tersusun di setiap daerah, maka akan meningkatkan kapasitas kapasitas, sinergisitas dan produktifitas olahraga, seperti pengembangan kualitas atlet hingga pembangunan sarana dan fasilitas olahraga,” katanya. (adv/ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button