AdvertorialDPRD Kutim

Anggota DPRD Kutim Tekankan Pentingnya Screening dan Perlindungan Bagi Pekerja untuk Kendalikan Penyebaran HIV AIDS

Bujurnews, Kutai Timur – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur, dr. Novel Tyty Paembonan, menekankan pentingnya Screening dan perlindungan bagi para pekerja untuk mengendalikan penyebaran HIV/AIDS.

dr. Novel menjelaskan pentingnya Screening untuk penyakit menular seperti hepatitis, sifilis, dan HIV bagi setiap ibu yang akan melahirkan. Menurutnya, seperti yang disampaikan oleh Perhimpunan Dokter Obstetri dan Ginekologi Indonesia, dokter Ahmad, tes tersebut sering kali mengungkapkan kasus HIV pada ibu dan bayi baru lahir.

“Khusus bagi perhimpunan dokter obstetri dan ginekologi Indonesia dokter Ahmad itu memang dari perhimpunan dokter mereka, diwajibkan bahwa setiap ibu yang akan melahirkan akan dilakukan tes hepatitis, sipilis dan HIV/AIDS,” jelasnya saat ditemui usai rapat pansus, di Kantor DPRD Kutim, Rabu (17/7/2024).

“Saya kira logikanya ketika itu dilakukan, pasti akan ada ditemukan makanya mungkin kenapa ternyata ibu dan bayi baru lahir ternyata angkanya mungkin hari ini real fakta mereka lebih tinggi,” tambahnya.

ia menekankan pentingnya Screening dan perlindungan bagi para pekerja agar dapat mengendalikan penyebaran HIV/AIDS.

“Nah itu tadi yang disampaikan oleh teman-teman praktisi bahwa misalnya begini, kita kan fokus pekerja. Bagaimana dengan pekerja ini supaya bisa betul-betul terkendali, dilakukan Screening ini kan dalam rangka untuk mengetahui bahwa memang apakah mengidap atau tidak dan dijaga kerahasiaannya,” jelasnya.(adv/adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button